Jakarta (ANTARA) -
​Berikut adalah ringkasan perkembangan pandemi COVID-19 di berbagai belahan dunia hari ini:

'Long COVID' bisa jadi penyakit kronis terbesar di Finlandia

'Long COVID', gejala penyakit COVID-19 yang tetap dialami pasien selama berbulan-bulan setelah terinfeksi virus corona, dapat muncul sebagai penyakit kronis di Finlandia.

Menteri Urusan Keluarga dan Pelayanan Sosial Krista Kiuru dalam konferensi pers mengutip ringkasan yang dibuat panel ahli Finlandia dari 4.000 penelitian internasional.

Ringkasan itu menunjukkan satu dari dua penduduk dewasa dan sekitar 2 persen anak-anak di Finlandia kemungkinan mengalami gejala berkepanjangan yang dikaitkan dengan COVID-19.

Rangkaian molekul unik dapat memprediksi keberhasilan varian

Para peneliti percaya mereka telah menemukan cara penting untuk mengenali varian virus corona (SARS-CoV-2) yang kemungkinan akan menyebar.

Dengan melihat rangkaian molekul 9 unit yang disebut nukleotida –bahan pembangun gen– mereka menemukan bahwa setiap varian baru telah memiliki rangkaian unik yang lebih banyak daripada varian sebelumnya, kecuali Beta, yang tidak menyebar luas di luar Afrika Selatan.

Produsen vaksin harus memperhatikan tanda-tanda nukleotida unik pada varian IHU yang beredar di Prancis, karena kemungkinan tanda itu akan muncul lagi pada varian-varian berikutnya, kata Venky Soundararajan dari perusahaan analisis data di Massachusetts, AS.

Kasus di India berlipat ganda, kelompok rentan disuntik booster

India mulai memberikan dosis penguat (booster) vaksin COVID-19 bagi pekerja di lini depan dan lansia yang rentan pada Senin ketika Omicron memicu lonjakan kasus baru hingga delapan kali lipat sejak awal tahun.

Dalam beberapa hari terakhir, ratusan pekerja kesehatan dan layanan publik, termasuk polisi, telah terinfeksi virus corona, sementara sejumlah media melaporkan ratusan staf parlemen positif terkena COVID-19 jelang sidang soal anggaran pada 1 Februari.

Australia bertekad 'lalui' wabah Omicron

Perdana Menteri Scott Morrison pada Senin mengatakan Australia harus "melalui" wabah Omicron yang menyebar cepat, ketika infeksi menembus 1 juta kasus selama pandemi.

Lebih dari setengah total kasus itu dilaporkan dalam sepekan terakhir saja dan membebani sistem kesehatan dan rantai pasokan di Australia.

Peningkatan jumlah pasien yang dirawat inap memaksa otoritas untuk memberlakukan kembali sejumlah pembatasan di negara bagian, sementara kelangkaan staf akibat pekerja terkena kewajiban isolasi atau sakit telah menghantam bisnis.

Morrison berencana mengubah aturan isolasi agar pekerjaan di bidang produksi dan distribusi makanan tetap dapat dilakukan oleh mereka yang menjadi kontak dekat tapi tidak bergejala.

Tianjin di China perketat pembatasan perjalanan

Tianjin, China yang berpenduduk 14 juta jiwa telah memperketat perjalanan keluar dari kota itu. Warga diwajibkan untuk mendapatkan izin dari pemberi kerja atau otoritas lokal sebelum meninggalkan kota dan memiliki hasil negatif tes COVID-18 dalam 48 jam sebelum keberangkatan.

Kota di pesisir utara China itu melaporkan 21 kasus penularan lokal dengan gejala terkonfirmasi pada Minggu, kata Komisi Kesehatan Nasional, naik dari tiga kasus pada hari sebelumnya.

Di provinsi Henan, kota Anyang mendeteksi dua kasus Omicron lokal yang dikaitkan dengan seorang pelajar yang tiba dari Tianjin, menurut koran lokal pada Senin.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022