Jakarta (ANTARA) - Sebuah truk berbahan bakar hidrogen diuji coba untuk kali pertama dalam Reli Dakar, ajang ketahanan off-road tahunan yang dimulai pada 1 Januari di Arab Saudi dan dijadwalkan berlangsung dua pekan.

"Ini merupakan tonggak sejarah dalam pengembangan hidrogen sebagai bahan bakar rendah karbon," ujar Ahmad A. Al Sa'adi, wakil presiden senior Layanan Teknis Saudi Aramco, perusahaan energi Arab Saudi yang mensponsori pembuatan truk tersebut.

Dalam reli itu, truk tersebut dapat melaju hingga sejauh 250 kilometer sebelum kembali mengisi bahan bakar. Performanya selama Reli Dakar ini tidak didokumentasikan sebagai salah satu kompetitor. Namun, truk tersebut ambil bagian untuk menguji fungsionalitas dan daya tahannya.
 
Foto yang diabadikan pada 8 Januari 2022 ini menunjukkan pengunjung sedang diberikan pengarahan perihal truk berbahan bakar hidrogen oleh pengemudi, navigator dan teknisinya dalam ajang Reli Dakar di Riyadh, Arab Saudi. (Xinhua/Wang Haizhou)
 
Foto yang diabadikan pada 8 Januari 2022 ini menunjukkan pengemudi dan navigator sebuah truk berbahan bakar hidrogen bersiap berangkat dalam ajang Reli Dakar di Riyadh, Arab Saudi. (Xinhua/Wang Haizhou)
 
Foto yang diabadikan pada 8 Januari 2022 ini menunjukkan para pengunjung diajak untuk melakukan test drive sebuah truk berbahan bakar hidrogen dalam ajang Reli Dakar di Riyadh, Arab Saudi. (Xinhua/Wang Haizhou)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022