Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop ENHYPEN akhirnya kembali ke dunia musik melalui album baru mereka berjudul “Dimension: Answer,” yakni versi kemas ulang dari album studio pertama “Dimension: Dilemma.”

Melanjutkan album sebelumnya, "Dimension: Dilemma," grup beranggotakan tujuh personel itu menunjukkan para pria yang menghadapi dilema untuk menemukan jawaban.

“Album ini menyuarakan keinginan kami untuk menolak jawaban yang ditetapkan dunia dan untuk menemukan jawaban kami sendiri. Kami tidak bisa memastikan apa jawaban yang benar, tapi kami tetap tidak akan mengikuti apa yang diberikan masyarakat, dan menemukan milik kami sendiri,” kata Jake seperti dikutip dari The Korea Herald, Senin.

Baca juga: ENHYPEN rayakan "anniversary" pertama

Bila judul lagu sebelumnya yakni "Tamed-Dashed," yang memberi para anggota kesempatan untuk merenungkan dilema yang mereka hadapi sebagai artis K-pop, kini mereka menghadirkan "Blessed-Cursed". Lagu ini menggambarkan solusi yang mereka temukan untuk dilema itu.

Lagu ini juga membawa ENHYPEN kembali ke warna aslinya yakni gelap dan kuat.

“Aku pikir lagu ini yang terbaik mewujudkan ENHYPEN. Jika kami telah menunjukkan sisi berbeda di album sebelumnya, kali ini semuanya tentang menjadi ENHYPEN," tutur Jay.

Berbicara tentang lagu baru, para personel grup menggambarkannya sebagai genre hip-hop hibrida tahun 1970-an dengan suara gitar di pengantar dan suara berbasis hip hop di seluruh lagu.

Baca juga: Webtoon BTS, TXT & ENHYPEN akan dihadirkan tahun depan

Pemimpin grup Jungwon mengatakan mereka berlatih keras, berlatih selama tujuh jam pada beberapa hari. Dia mengatakan timnya juga menonton video idola senior mereka, Bangtan Sonyeondan (BTS) untuk membuat gerakan mereka lebih sinkron.

“BTS terkenal dengan penampilan grup mereka yang tersinkronisasi sempurna. Kami juga ingin menjadi grup yang dikenal karena sinkronisitas kami yang sempurna di atas panggung,” kata Jungwon.

Album terbaru ENHYPEN menyertakan dua lagu sampingan baru yakni "Polaroid Love," yang dirilis pada 19 November lalu dan "Outro: Day 2".

Terkait tujuan grup dengan album baru, Niki berkata, “Kami berharap lebih banyak orang mengetahui kami. Meskipun kami memiliki kelemahan, kami ingin menunjukkan seberapa besar kami dapat berkembang, baik sebagai tim maupun individu.”

Baca juga: Ni-Ki ENHYPEN susul lima teman grupnya terkonfirmasi positif COVID-19

Lebih lanjut mengenai rencana di tahun baru, Heeseung berkata, “Aku harap kami dapat memiliki lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan ENGENE. Tujuanku berdiri di atas panggung yang dipenuhi sorakan ENHYPEN dan ENGENE,"

Sunghoon menambahkan, dia berharap dapat bertemu penggemar di luar Korea Selatan pada tahun ini, karena dia dan tim belum pernah memiliki kesempatan itu sampai sekarang.

"Kami berharap dapat terhubung dengan lebih banyak orang melalui musik dan pertunjukan selama tur dunia kami pada tahun 2022,” demikian tutur dia.

Baca juga: ENHYPEN bocorkan album repackage "Dimension: Answer"

Baca juga: ENHYPEN dan aespa artis pendatang baru terbaik MAMA 2021

Baca juga: ENHYPEN akan "comeback" awal tahun depan

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022