Kini mereka sedang menjalankan isolasi mandiri
Jakarta (ANTARA) - Warga terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 10 orang di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, berdasarkan hasil tes usap antigen dan polymerase chain reaction (PCR), Senin. 

"Ada 10 orang yang positif, hasil tes antigen. Kini mereka sedang menjalankan isolasi mandiri menunggu persetujuan rujukan di Wisma Atlet," kata Lurah Krukut Ilham Nurkarin saat dihubungi, di Jakarta. 

Tes usap antigen dan PCR itu dilakukan dalam rangka pelacakan  penyebaran COVID-19 pasca 36 warganya berstatus positif COVID-19 beberapa hari lalu.

Dengan temuan itu, total warga Krukut yang berstatus positif COVID-19 menjadi 46 warga.

Namun, demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah warga yang terpapar itu terkena varian Omicron atau tidak.

Baca juga: Warga Krukut pertama positif COVID-19 berpotensi terkena Omicron

Sebelumnya, 36 warga Krukut dinyatakan positif COVID-19 pasca menjalani tes kesehatan.

Dari 36 warga, satu orang dirawat di rumah sakit karena melahirkan dan sisanya menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran.

Nurkarin mengatakan, temuan ini berawal dari salah satu warga yang melakukan tes PCR mandiri di rumah sakit di wilayah Taman Sari setelah tiba dari luar kota. Hasil tes PCR itu keluar pada 5 Januari dengan hasil positif.

Karena hasil tes itu, petugas kesehatan melakukan penelusuran di wilayah tempat pasien pertama tinggal. Mereka yang kedapatan pernah kontak dengan pasien langsung menjalani tes PCR dan tes usap.

Hasilnya, sebanyak 36 warga dinyatakan positif COVID-19. Keluarga dari pasien pertama termasuk dalam 36 warga yang dinyatakan positif COVID-19 itu.

Baca juga: Kelurahan Krukut tracing 500 warga setelah ditemukan 36 kasus positif
Baca juga: Kasus positif COVID-19 naik 529, DKI tertinggi


Dia pun mengimbau warganya yang lain untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah demi memperkecil angka penyebaran COVID-19.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022