Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Diecastforhumanity menggalang mainan berupaya mobil-mobilan untuk anak-anak penyintas letusan Gunung Semeru, Jawa Timur, yang saat ini tinggal di berbagai titik pengungsian untuk memberikan hiburan sekaligus menghilangkan trauma akibat bencana yang meluluhlantakkan daerahnya.

"Kami berinisiatif menggalang mobil-mobilan untuk anak penyintas letusan Gunung Semeru yang saat ini tersebar di berbagai pengungsian dengan membuka donasi bagi siapa saja yang ingin turut menyumbangkan mobil-mobilan maupun bantuan lainnya untuk meringankan trauma," kata Inisiator Diecastforhumanity Indra Yuki kepada wartawan, Senin.

Menurut Indra, beragam bantuan berupa mainan mobil mobilan (diecast) dan boneka yang terhimpun nantinya akan langsung disalurkan kepada sejumlah anak penyintas letusan Gunung Semeru yang berada di beberapa titik pengungsian di Kabupaten Lumajang, Jatim.

Bagi warga yang ingin terlibat dalam penggalangan bantuan ini, bisa mengirimkan pesan di link Instagram #diecastforhumanity atau menghubungi langsung inisiator Indra Yogasara di nomor telepon 08111176602 dan Atep Mauluna di nomor telepon 085659103056 atau bisa datang langsung ke Gedung PMI Jalan Jendral Gatot Subroto Kav 96, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Baca juga: Pemprov Jatim terima bantuan 1.500 kompor untuk warga terdampak Semeru

Baca juga: LinkAja salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru


"Kami masih membuka donasi berupa barang mainan mobil mobilan (diecast) dan boneka yang dalam waktu dekat. Donasi ini ditargetkan 500 unit mobil-mobilan (Hot Wheels) dan saat ini sudah ada sekitar 100 unit yang merupakan bantuan dari para donatur," ujarnya.

Indra mengatakan proses penggalangan sudah dimulai sejak satu bulan lalu dan respon masyarakat yang ikut menyumbang terus berdatangan dengan mendonasikan barang berupa mainan kendaraan yang menjadi idola mereka.

Sementara dalam penyalurannya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan relawan lokal di pengungsian untuk bertemu langsung dengan anak-anak penyintas sembari melakukan dukungan psikososial dan play therapy (terapi permainan).

Maka dari itu, pihaknya berharap uluran tangan dari masyarakat bisa meringankan penderitaan para penyintas erupsi Gunung Merapi khususnya anak-anak yang minimalnya bisa menghilangkan rasa trauma setelah menjadi korban terdampak bencana.

Sesuai rencana, pembukaan donasi ini akan ditutup pada akhir Januari 2022 dan barang yang terkumpul dari para donatur akan langsung disalurkan ke lokasi pengungsian dengan melibatkan relawan setempat untuk diserahkan kepada anak-anak.

Di sisi lain, dipilihnya mobil-mobilan dan boneka untuk anak penyintas erupsi Gunung Semeru karena dinilai bermanfaat dan bisa menghilangkan rasa cemas emosional juga trauma mendalam yang menghantui warga.

"Anak-anak pasti bahagia dan senang jika diberikan mobil mainan dan boneka sebagai koleksi serta bisa menjadi teman bermain di pengungsian. Diharapkan rasa trauma mereka perlahan bisa berkurang," katanya.*

Baca juga: Tangerang kirim bantuan hasil donasi pegawai ke warga terdampak Semeru

Baca juga: Polres Salatiga kirim bantuan bagi warga terdampak erupsi Semeru

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022