Jakarta (ANTARA) -
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa 26 persen pasien Omicron sudah sembuh dan telah kembali ke rumah.
 
"Dari 414 orang yang dirawat karena Omicron, 114 orang atau sekitar 26 persen sudah sembuh, termasuk dua orang yang masuk kategori sedang dan membutuhkan perawatan oksigen sehingga mereka bisa kembali ke rumah," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers "Evaluasi PPKM" yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.
 
Ia menyimpulkan, meski transmisi varian Omicron cepat, tetapi tingkat keparahannya relatif lebih ringan.
 
Menkes mengakui, kenaikan transmisi varian Omicron akan memicu gelombang kasus yang jauh lebih tinggi dibandingkan Delta, tetapi jumlah yang dirawat jauh lebih sedikit. Sehingga masyarakat diminta untuk tidak panik.
 
"Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini, tidak usah panik, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik dan pengalaman menunjukkan bahwa walaupun naiknya cepat tapi gelombang Omicron ini juga turunnya pun cepat," paparnya.
 
Menurutnya, melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, disiplin melakukan surveilans, dan mempercepat vaksinasi merupakan faktor penting.
Baca juga: Menko Luhut minta masyarakat tahan diri untuk tidak ke luar negeri
Baca juga: Pemerintah tetap siapkan berbagai kegiatan internasional meski omicron

Dalam kesempatan itu, Menkes memaparkan beberapa strategi dalam menghadapi varian Omicron, salah satunya yakni dengan menggeser layanan kesehatan dari sebelumnya fokus ke rumah sakit menjadi ke rumah.
 
"Karena akan banyak orang yang terkena dan tidak perlu ke rumah sakit," tuturnya.
Ia mengemukakan, Kementerian Kesehatan sudah melakukan penelitian untuk 414 pasien Omicron di Indonesia.
 
"Apa gejalanya, gejala apa yang hanya perlu dirawat di rumah, which is sebagian besar akan begitu. Gejala seperti apa yang dirawat di isolasi terpusat seperti Wisma Atlet, gejala seperti apa yang masuk ke rumah sakit, mana yang sedang dan mana yang berat," paparnya.
 
Ia mengatakan, pemerintah sudah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine untuk memastikan agar orang yang harus dirawat di rumah tetap bisa mendapatkan akses untuk konsultasi kedokteran dan obat.
 
"Kami juga sudah bekerja sama dengan satu start up di bidang logistik dan BUMN Kimia Farma untuk bisa memastikan obat-obatannya sampai," katanya.
Baca juga: Empat pasien Omicron di Bandung masih satu keluarga
Baca juga: Indef: Dana PEN kesehatan perlu diperkuat guna tangkal dampak Omicron

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022