Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 1.592 anggota kepolisian di wilayah hukum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau vaksinasi booster (penguat) guna meningkatkan antibodi secara penuh agar terhindar dari virus Sars-CoV-2.

"Vaksin booster ini diperuntukkan bagi anggota kepolisian, sudah berjalan sejak Sabtu (8/1) kemarin," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Gidion Arif Setyawan di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Saat meninjau latihan perang Korps Brimob Polri di Distrik 1 Meikarta Cikarang Selatan, Kapolres, mengatakan terhitung sejak dimulainya vaksinasi ini pada Sabtu kemarin, sudah ada 500 anggota kepolisian yang telah divaksinasi dosis ketiga.

"Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bagi anggota ditargetkan selesai pada 17 Januari mendatang," katanya.

Baca juga: ITAGI: Booster untuk pertahankan daya tahan tubuh
Baca juga: BPOM terbitkan izin penggunaan darurat lima produk vaksin penguat

Dia menjelaskan kegiatan vaksinasi booster anggota kepolisian ini dipusatkan di Mapolres Metro Bekasi, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara. Sebanyak 1.592 orang yang menjadi sasaran vaksinasi ini merupakan jumlah total anggota kepolisian di wilayah hukum Kabupaten Bekasi.

"Kami terus berupaya mendorong percepatan vaksinasi, tinggal kurang 1.000 anggota lagi," katanya.

Gidion mengaku masih menantikan kebijakan pemerintah pusat terkait rencana pelaksanaan pelayanan vaksinasi dosis ketiga kepada masyarakat umum.

Menurut dia ada sejumlah prosedur yang harus ditempuh sebelum dapat menggelar kegiatan vaksinasi dosis ketiga bagi warga Kabupaten Bekasi.

"Kalau untuk masyarakat kami masih tunggu kebijakan pusat karena itu terkait alokasi dan sistem dari Satgas COVID-19 maupun Polda Metro Jaya," kata dia.

Baca juga: Satgas: Warga Kepri antusias agar bisa disuntik vaksin booster

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022