Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mendorong segenap insan KPK agar memberikan karya besar dan pengabdian pada bangsa dan negara untuk memberantas korupsi di Indonesia.

"Saya mengajak segenap insan KPK, mari berikan karya-karya besar untuk bangsa, mari mengabdi kepada negeri untuk melakukan pemberantasan korupsi," ujar Firli.

Hal itu dikemukakan Firli dalam sambutannya di acara penandatanganan perjanjian kinerja KPK pada tahun 2022 yang dilaksanakan secara tatap muka terbatas dan disiarkan langsung di kanal YouTube KPK RI, dipantau dari Jakarta, Senin.

Selain Firli, penandatanganan perjanjian itu dihadiri pula oleh para pimpinan tinggi madya dan pimpinan tinggi pratama KPK.

Pada kesempatan yang sama, Firli pun memberikan arahan kepada para pejabat struktural KPK sebagai gambaran langkah untuk memberikan karya besar dan pengabdian kepada negeri dalam memberantas korupsi.

Pertama, kepada para pejabat eselon 1 dan eselon 2, Firli mengarahkan mereka untuk mengamati kembali jabaran program-program dan kegiatan-kegiatan mereka.

"Silakan, rekan-rekan membaca kembali program apa saja yang harus dikerjakan, dijabarkan dalam kegiatan, dan tentukan juga indikator kinerja utama, sasaran target, indikator capaian, maupun waktu pencapaiannya," imbau Firli.

Melalui langkah-langkah tersebut, lanjut dia, KPK dapat memenuhi kinerja secara lebih optimal. Di samping itu, kata Firli, karya besar anak bangsa yang bekerja di KPK pun dapat benar-benar terwujud sebagai upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Selanjutnya, kepada Sekretariat Jenderal KPK, Biro Sumber Daya Manusia, dan Kedeputian KPK, Firli secara khusus mengarahkan mereka untuk bekerja keras dalam memberikan saran serta masukan terhadap tata kelola lembaga antirasuah itu.

Saran dan masukan terhadap tata kelola tersebut, kata Firli, dapat mencakup persoalan anggaran, program, sarana dan prasana, ataupun metode kerja sehingga KPK mampu berdaya dan berhasil guna dalam pemberantasan korupsi.

Menutup pemaparannya, Firli pun kembali mengingatkan tentang pentingnya dukungan bagi orkestrasi pemberatasan korupsi dari segenap insan KPK, baik itu dalam lingkup internal maupun eksternal melalui kerja sama dengan seluruh kementerian/lembaga.

Baca juga: KPK diharap maksimalkan penyerapan anggaran 2022 berantas korupsi

Baca juga: KPK tanda tangani perjanjian kinerja tahun 2022


Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022