Jakarta (ANTARA) - Stiker Senegal Sadio Mane sukses menjalankan tugas sebagai eksekutor tendangan penalti pada menit 90+7 untuk membawa favorit juara Piala Afrika 2021 itu menang tipis 1-0 atas Zimbabwe, Senin malam ini, di Bafoussam, Kamerun.

Pertandingan pertama Grup B ini merupakan salah satu dari empat pertandingan fase grup Piala Afrika untuk Senin malam sampai Selasa dini hari nanti.

Bek Zimbabwe Kelvin Madzongwe dinyatakan melakukan pelanggaran karena menghalangi laju bola dengan tangan terjulur dari tubuhnya di area penalti.

Peristiwa ini sangat menyesakkan dada skuad Zimbabwe karena pertandingan tengah memasuki detik terakhir waktu tambahan babak kedua.

Senegal sendiri menempati peringkat teratas Afrika tetapi hanya memiliki 18 pemain yang bisa dipasang bermain untuk untuk pertandingan pembuka fase grupnya.

Baca juga: Piala Afrika 2021 digelar Januari-Februari atas permintaan Kamerun

Ini terjadi karena kasus virus corona baru dan cedera. Meskipun demikian secara umum mereka mendominasi laga dan menciptakan peluang gol lebih banyak dari lawannya.

Pertandingan kedua Grup B akan mempertemukan Guinea dan Malawi. Laga ini juga berlangsung Senin malam ini di Stade de Kouekong, Bafoussam.

Saat bersamaan Maroko akan menghadapi Ghana di Grup C yang disusul kemudian pertandingan Kepulauan Comoros melawan Gabon, Selasa dini hari nanti, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Piala Afrika 2021, turnamen akbar yang nyaris luput dari perhatian
Baca juga: Hasil undian kualifikasi Piala Afrika 2021

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022