Jakarta (ANTARA) - Sam Sunderland memenangi etape 8 Reli Dakar kategori sepeda motor pada Senin demi mengembalikan posisi sang pebalap tim GasGas ke puncak klasemen.

Sang pebalap Inggris juga memperlebar jaraknya setelah memimpin sejak checkpoint pertama hingga menjadi yang tercepat menyelesaikan special stage sejauh 395km dari Al Dawadimi ke Wadi Ad Dawasir demi mengantongi keunggulan tiga menit 45 detik dari rival terdekatnya, pebalap tim KTM Matthias Walkner yang hari ini harus puas finis ketiga.

Sementara Adrien Van Beveren, yang merasakan puncak klasemen selama semalam, tergeser ke peringkat tiga dengan jarak empat menit 43 detik.

"Hari ini terdapat banyak medan yang berbeda. Sebagian besar berpasir kemudian banyak sekali navigasi yang sulit di antara ngarai dan tidak mudah memilih ngarai yang tepat," kata Sunderland dikutip laman resmi Dakar.

"Apabila Anda memilih ngarai yang berbeda maka Anda akan tersesat tiga ratus atau empat ratus meter ke jalan yang salah. Anda harus berhati-hati memilih, mengecek arah dan jarak," kata Sunderland yang mengaku terbantu dengan para pebalap terdepan yang membuka jalan hari ini.

Baca juga: Van Beveren rebut pimpinan klasemen, Cornejo menangi etape 7 Dakar

Menjadi pemenang etape hari ini berarti Sunderland yang akan bertugas membuka jalan di hari kesembilan yang bakal menempuh rute melingkar di Wadi Ad Dawasir.

"Dengan kemenangan ini, Anda mendapat 'hukuman' untuk membuka etape pada hari berikutnya, tapi ini sama untuk semua orang dan pada saat yang sama, apabila Anda ingin memenangi balapan, saya rasa Anda harus memenangi etape."

Pablo Quintanilla, di peringkat empat klasemen, memangkas jarak menjadi lima menit 30 detik berkat finis runner-up hari ini.

Pebalap lain dari tim Honda Joan Barreda di peringkat lima dengan selisih 14 menit 38 detik dari puncak ketika rekan satu timnya, Ricky Brabec finis keempat hari ini.

Juara bertahan dari tim KTM Kevin Benavides kehilangan 15 menit dari pemenang etape dan sementara ini menempati peringkat enam dengan selisih 14 menit 47 detik.

Rekan satu tim Benavides, Toby Price yang menjadi pebalap tercepat keenam hari ini kembali masuk ke sepuluh besar klasemen di peringkat sembilan, berjarak 32 menit dari puncak, sedangkan Brabec naik satu posisi ke P13.

Baca juga: Barreda klaim etape 4, Sunderland bertahan di puncak klasemen Dakar
Baca juga: Truk berbahan bakar hidrogen diuji coba dalam ajang Reli Dakar
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022