Jakarta (ANTARA) - "Ichizu" milik King Gnu naik ke posisi pertama Billboard Japan Hot 100 5 Januari 2022 pekan 27 Desember 2021-2 Januari 2022, menjadi prestasi perdana band Jepang beranggotakan empat orang itu di tangga lagu Billboard melalui single keempatnya.

Berada di urutan kedua yakni "Zankyosanka" dari penyanyi Aimer, yang menjadi lagu pembuka anime "Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc" atau "Demon Slayer Season 2". Lagu ini sempat berada pada peringkat pertama pada beberapa waktu lalu.

"Ichizu" yang menjadi lagu tema anime "Jujutsu Kaisen 0 The Movie" itu mendominasi tiga metrik grafik pekan ini yakni penjualan fisik (CD diluncurkan dengan 47.292 eksemplar), streaming (9.696.001 streaming mingguan), dan penayangan video (2.098.622 penayangan mingguan).

Baca juga: JYP dan Sony Music kolaborasi orbitkan girl band Jepang

Lagu ini juga berada di peringkat ketiga untuk pencarian dan unduhan, posisi ke-14 untuk pemutaran radio, dan posisi ke-54 untuk sebutan Twitter.

Pada tangga lagu Billboard Japan Hot 100 lagu tema sempat berada di posisi 4 dan terus naik setelah berada di tangga lagu tertanggal 15 Desember 2021.

“Sakayume,” lagu penutup dari film anime yang sama, melompat dari posisi ke-12 hingga 3 setelah berada di urutan pertama kategori unduhan.

Sejumlah lagu yang ditampilkan di beberapa pertunjukan musik live akhir tahun dengan raihan paling banyak ditonton di Jepang yakni Japan Record Awards ke-63 pada 30 Desember dan NHK Kohaku Uta Gassen ke-72 pada Malam Tahun Baru dilaporkan telah naik ke Japan Hot 100.

"Nothing" (judul bahasa Jepang: Nandemonaiyo) masuk kembali ke 10 besar tepatnya di peringkat 6 setelah melonjak ke urutan 88 lalu 38 untuk kategori unduhan.

Pemenang JRA Grand Prix, “CITRUS” dari Da-iCE, masuk 10 besar untuk pertama kalinya dan berada di posisi ke-7.

Menurut pola hits baru-baru ini, ketika lagu-lagu tetap berada di puncak tangga lagu hingga Januari dan Februari, maka biasanya berada di peringkat atas penghitungan akhir tahun.

Baca juga: "Zankyosanka" Aimer nomor 1 di Billboard Japan Hot 100

Baca juga: Hey! Say! JUMP! hingga NiziU puncaki Billboard Japan Hot 100

Baca juga: Band rock Jepang RADWIMPS hadirkan video musik "MAKAFUKA"

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022