bukan satu-satunya yang menjadi penentu dalam kelulusan UTBK, karena banyak materi yang harus dikuasai siswa dalam satu waktu
Jakarta (ANTARA) - Vice President Marketing PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) Ignatius Untung Surapati mengatakan kesuksesan dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tidak hanya ditentukan kemampuan teknis siswa.

"Kami melihat kemampuan teknis bukan satu-satunya yang menjadi penentu dalam kelulusan UTBK, karena banyak materi yang harus dikuasai siswa dalam satu waktu," ujar Untung dalam taklimat media yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Ruangguru usung inklusivitas pendidikan lewat kampanye #IniBaruJuara

Selain latihan soal-soal, yang perlu dilakukan agar siswa lolos UTBK adalah menjaga mental siswa. Menurut dia, siswa perlu menjaga motivasi, kedisiplinan dan konsistensi dalam menghadapi UTBK.

Menjaga mental tersebut, lanjut dia, merupakan tantangan nyata bagi para siswa dalam menghadapi UTBK.

UTBK merupakan ujian seleksi yang merupakan syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). PTN, lanjut dia, masih menjadi pilihan utama bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Baca juga: UI menangkan Ruangguru Business Inovation Challenge 2021

Baca juga: Roboguru dari Ruangguru bantu siswa "work smart" di sekolah


Pada tahun 2021, ada 777.858 siswa Indonesia yang tercatat sebagai peserta UTBK-SBMPTN, sementara peserta yang dinyatakan lulus hanya
23,78 persen dari jumlah total peserta.

"Ketatnya persaingan melalui jalur UTBK sekaligus tingginya harapan banyak siswa untuk berhasil memasuki PTN impian mereka. Kondisi ini mendorong Ruangguru untuk menciptakan program holistik untuk persiapan sukses menghadapi UTBK yaitu #PelatnasUTBK," terang dia.

Program itu terdiri dari dua pendekatan yakni program untuk mengasah kemampuan teknis dan program kesiapan mental untuk membangun motivasi dan menjaga konsistensi siswa dalam menghadapi UTBK. 

Baca juga: Fitur pendekatan psikologi Ruangguru bantu kenali potensi anak

Baca juga: LTMPT umumkan kuota sekolah SNMPTN 2022

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022