Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng sejumlah perusahaan di bidang perdagangan elektronik atau e-commerce untuk melakukan sosialisi mengenai Presidensi G20 Indonesia ke masyarakat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong mengatakan perusahaan e-commerce telah dikenal masyarakat secara luas, sehingga bisa turut berperan menjadi saluran penyampai informasi terkait peran dan manfaat Presidensi G20 dengan tepat dan baik.

“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bagaimana meramaikan Presidensi G20 Indonesia melalui Komunikasi Publik (di Kementerian Kominfo),” ujar Usman, dikutip dari siaran pers pada Selasa.

Baca juga: Pakar: Pengamanan data perlu dilakukan dari berbagai sisi

Baca juga: Menkominfo ingatkan pemda perkuat pengawasan prokes

Usman mengakui peran dan geliat perusahaan e-commerce mampu berkembang selama pandemi COVID-19, terlihat dari melonjaknya minat masyarakat untuk berbelanja secara online.

Dia juga menilai perusahaan e-commerce memiliki berbagai keunggulan dalam hal teknologi dan ide kreatif yang bisa dikolaborasikan dengan strategi komunikasi publik yang dimiliki Kementerian Kominfo.

Usman kembali menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo berpesan agar Presidensi G20 menjadi momentum agar seluruh sektor menunjukkan peran sekaligus mengambil manfaat dari gelaran internasional tersebut.

“Dari sisi Komunikasi Publik, kami bayangkan masyarakat Indonesia punya rasa memiliki terkait Presidensi G20,” kata dia.

Keterlibatan perusahaan e-commerce diharapkan bisa turut membumikan isu-isu yang akan dibahas dalam setiap pertemuan di G20. Sehingga, selain mendukung terselenggaranya kegiatan, yang terpenting lagi adalah masyarakat bisa mengambil manfaat.

Oleh karena itu, Usman berharap akan terjalin kolaborasi baik antara perusahaan-perusahaan e-commerce dan Kementerian Kominfo.

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri Kominfo JH Phillip Gobang turut menambahkan bahwa momentum Presidensi Indonesia G20 harus ikut dirasakan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Dia berharap, kolaborasi Kementerian Kominfo dengan e-commerce dapat membuahkan berbagai gagasan atau ide yang menarik perhatian dunia terhadap kemajuan transformasi digital yang sedang dilakukan pemerintah.

“Kami ingin mendengar ide-ide besar dari teman-teman (e-commerce) dengan begitu kita bisa berkolaborasi terkait dengan hal-hal yang bisa dilakukan kerja sama untuk membumikan Presidensi G20 ini sehingga betul-betul dirasakan oleh masyarakat kepentingan dan manfaatnya,” kata Phillip.

Baca juga: Kominfo sebut penghapusan 3G masih dikaji

Baca juga: Rayakan Natal, Menkominfo ajak umat Kristiani kuat hadapi pandemi

Baca juga: Kominfo sebut penggelaran fiber optik secara luas kunci 5G stabil

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022