Jakarta (ANTARA) - Pebalap Afrika Selatan Giniel De Villiers memenangi etape sembilan Reli Dakar di Wadi Ad Dawasir, Arab Saudi pada Selasa, memimpin serbuan pasukan Toyota yang finis 1-2-3 hari itu.

De Villiers menyelesaikan special stage sejauh 287km dengan rute memutar di Wadi Ad Dawasir sembilan detik lebih cepat dari rekan satu timnya, sekaligus kompatriot senegara, Henk Lategan, saat pemuncak klasemen sementara Nasser Al-Attiyah membawa tim Toyota Gazoo Racing menyapu bersih podium.

"Saya harus bilang para mekanik bekerja sangat, sangat keras malam tadi karena kami memiliki masalah dengan damper pada dua hari terakhir," kata de Villiers dikutip dari laman resmi Dakar.

"Tapi mereka melakukan tugas dengan baik dan mobil ini luar biasa hari ini. Sangat menyenangkan dikendarai, jadi kami bisa tampil menekan dengan baik.

"Besok kami harus membuka jalan, jadi itu akan sedikit lebih sulit, tapi kita tidak akan pernah tahu, kami akan mencoba yang terbaik dan melihat apa yang terjadi."

Bertugas membuka jalan di etape hari ini, pebalap tim Audi Matthias Ekstrom harus puas melewatkan podium di posisi keempat (+2'07"), sedangkan Sebastien Loeb membawa mobil Prodrive finis kelima, dua menit 11 detik di belakang De Villiers, yang berarti ia kehilangan waktu lebih dari satu menit dari catatan Al-Attiyah.

Baca juga: Loeb pangkas jarak dari Al-Attiyah setelah etape 8 Reli Dakar 
Baca juga: Truk berbahan bakar hidrogen diuji coba dalam ajang Reli Dakar 


Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel mengamankan posisi enam dan delapan di dua mobil Audi lainnya, setelah terpaut kurang dari empat menit di belakang de Villiers.

Di klasemen umum sementara, Al-Attiyah kini menikmati keunggulan 39 menit lima detik dari rival terdekatnya, Loeb, menuju tiga etape terakhir, sedangkan pebalap tuan rumah Yazeed Al Rajhi berjarak 58 menit 44 detik di peringkat tiga.

"Kecuali kemarin dengan masalah (differential belakang), hari ini kami berjalan lancar, tanpa kendala berarti dan kami finis ketiga di etape. Sekarang kami juga memiliki keunggulan yang baik, jadi kami cukup senang," kata Al-Attiyah, yang mengincar titel keempatnya di Dakar itu.

"Toyota terlihat sangat baik hari ini, dengan peringkat pertama, kedua dan ketiga. Ban BF Goodrich bekerja sangat baik hari ini karena medan campuran dari batu, kerikil dan pasir.

"Kami cukup senang mendapati hasil yang baik ini setiap hari. Tidak mudah, tapi kami senang semakin dekat menuju finis di Jeddah."

Orlando Terranova (Prodrive) menempati peringkat empat, sementara de Villiers meloncati pebalap tim X-raid Mini Jakub Przygonski untuk naik ke peringkat lima.

Tidak ada pebalap Audi yang masuk ke sepuluh besar saat Ekstrom sementara ini menempati peringkat 11.

Etape 10 akan menempuh rute Wadi Ad Dawasir ke Bisha dengan special stage sejauh 375km. 

Baca juga: Loeb klaim etape 7 Dakar, Al-Attiyah masih pegang kendali klasemen 
Baca juga: Terranova klaim etape 6 Dakar, Al-Attiyah pegang kendali 
Baca juga: Lategan kalahkan Loeb di Etape 5 Dakar, Al-Attiyah bertahan di puncak 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022