Festival digelar sejak 7 Januari 2022 hingga hingga 4 Februari 2022
Surabaya (ANTARA) - Komunitas Seni Budaya BrangWetan dan Institut Budaya Panji menyelenggarakan Festival Panji Nusantara secara virtual akibat pandemi COVID-19.

"Festival digelar sejak 7 Januari 2022 hingga hingga 4 Februari 2022," ujar Ketua Komunitas Seni Budaya BrangWetan Henri Nurcahyo di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Festival, kata dia, ditayangkan setiap Jumat pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB melalui saluran media zoom dan streaming YouTube TV Panji.

Setiap tayangan dengan durasi satu jam diikuti oleh tiga sanggar atau lembaga yang masing-masing tampil selama 20 menit.

Baca juga: Festival Panen Raya Nusantara 2021 ajak warga peduli produk lokal

Festival yang bertujuan sebagai sarana sosialisasi budaya panji kepada masyarakat luas ini diikuti peserta dari berbagai daerah.

Mayoritas berasal dari Jawa Timur, yaitu Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang dan Pacitan. Termasuk diikuti komunitas dari Surakarta dan Indramayu.

Menurut Henri, melalui festival ini sekaligus dapat mendokumentasikan serta membuat database karya-karya maupun aktivitas terkait budaya panji yang dipopulerkan di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Baca juga: Kemendikbudristek selenggarakan Festival Bumi Rempah Nusantara

Hingga kini, lanjut dia, masih dikisahkan dalam berbagai lakon kesenian rakyat.

"Festival ini juga sebagai sarana promosi komunitas atau lembaga maupun institusi yang peduli terhadap budaya panji," ucapnya.

"Berbeda dengan acara festival biasanya, penampil dalam Festival Panji Nusantara juga menyajikan proses kreatif di balik karya," kata dia menambahkan.

Henri menjelaskan setiap satu jam penayangan oleh tiga kelompok peserta atau penampil diisi oleh materi pengantar pembawa acara, profil sanggar atau lembaga beserta kegiatannya, sajian kesenian dan ditutup dengan dialog.

Baca juga: Lokasi Festival Adat Kerajaan Nusantara di Sumedang ditinjau Ketua DPD

Jadwal penampilan peserta ditentukan oleh panitia berdasarkan pemerataan asal peserta dan keberagaman penampilan.

Tampil perdana pada Jumat, 7 Januari lalu, adalah Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah dari Indramayu. Dilanjutkan penampilan dari Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya dan Sanggar Wayang Beber "Lung".

Dijadwalkan tampil pada Jumat, 14 Januari mendatang, adalah Mulyo Joyo Enterprise dari SurabayaPadepokan Topeng Mangundarmo, Tumpang, Malang, dan Sanggar Raff Dance Company, Sidoarjo.

Baca juga: Komponis Situbondo raih juara di festival tingkat nasional

Selanjutnya siap tampil hingga 4 Februari 2022 adalah Padepokan Topeng Panji Asmarabangun dari Pakisaji Malang, Universitas Ciputra Surabaya, Ira Kusumorasri dari SIPA/IMF Surakarta, Wayang Beber SMAN 1 Pacet Mojokerto, Museum Panji Tumpang, Malang, dan Omah Panji Kediri.

Berikutnya, Wayang Krucil Ki Hardjito Kediri, Sanggar Budaya Renaissance Sumberpucung Malang serta Wayang Gedog dari Sanggar Sekar Adiwirama Kediri.

Baca juga: Sasude arak sampan kampanyekan pengembalian fungsi Sungai Deli

Pewarta: Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022