Samarinda (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur mengalami penambahan empat kasus baru, sedangkan kasus kesembuhan bertambah dua kasus berdasarkan update kasus harian, Selasa.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan tambahan kasus terkonfirmasi positif terjadi dua kasus di Samarinda dan dua kasus lainnya di Kutai Barat dan Kutai Kartanegara.

Sedangkan tambahan pasien sembuh terjadi di Kutai Barat dan Samarinda masing- masing dengan satu kasus.

"Saat ini pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan di Kaltim sebanyak 20 orang pasien," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Baca juga: Cakupan vaksin COVID-19 dosis pertama di Kaltim 2,4 juta jiwa

Baca juga: Kasus sembuh dari COVID-19 di Kaltim tambah lima dan tiga positif


Andi menjelaskan empat wilayah Kaltim yakni Kabupaten Mahakam Ulu, Panajam Paser Utara, Berau dan Kota Bontang masih bertahan di zona hijau COVID-19.

Sedangkan enam wilayah Kaltim lainnya yakni Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Kota Samarinda dan Balikpapan masih berada di zona kuning.

"Pasien positif terbanyak berada di Kutai Barat dengan jumlah 6 orang, disusul Samarinda 5 orang, Balikpapan 4 orang, Paser 3 orang, Kutai Timur 1 orang dan Kutai Kartanegara 1 orang," beber Andi.

Menurut Andi, secara akumulasi jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.358 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.885, sementara kasus meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus.

Andi mengingatkan bahwa perkembangan kasus COVID-19 di Kaltim masih fluktuatif dan memungkinkan terjadinya penularan kasus baru.

Oleh sebab itu, Andi mengingatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari guna pencegahan penularan virus COVID-19.*

Baca juga: Empat wilayah Kaltim masih bertahan di zona hijau COVID-19

Baca juga: Masih ada 22 kasus aktif COVID-19 di Kalimantan Timur

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022