Siang ini kami mulai dulu
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah Puskesmas di DKI Jakarta mulai membuka vaksinasi dosis ketiga (booster) kepada masyarakat umum termasuk bagi kelompok rentan, di antaranya warga lanjut usia (lansia).

"Siang ini kami mulai dulu untuk beberapa kuota yang sudah memenuhi syarat," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Pancoran dr Sri Lenita di Jakarta Selatan, Rabu.

Pihaknya membuka kuota vaksinasi dosis ketiga itu untuk 20 orang pada hari pertama itu.

Menurut dia, kuota yang terbatas itu menyesuaikan dengan kuota jadwal vaksinasi berjadwal sebelumnya yakni vaksinasi anak usia 6-11 tahun, vaksinasi lansia dan vaksinasi masyarakat umum lainnya.

Selain itu, pihaknya juga perlu menyesuaikan kapasitas tempat dan tenaga medis yang bertugas.

Baca juga: Puskesmas Menteng siapkan 50 dosis vaksin "booster" untuk masyarakat

Untuk kegiatan vaksinasi dosis ketiga, pihaknya tidak menyiapkan petugas khusus, namun menggunakan petugas yang memang sudah bertugas melayani vaksinasi sebelumnya.

Mereka terdiri dari dua tim dengan masing-masing tim terdiri dari dokter, tenaga kesehatan (nakes) dan petugas administrasi.

Tak hanya di Pancoran, Puskesmas Kecamatan Jagakarsa juga membuka vaksinasi dosis ketiga yang dijadwalkan pukul 13.00-15.00 WIB dengan kuota 32 orang.

Melalui akun instagram @pkmjagakarsa, mereka mensyaratkan untuk mengakses vaksinasi dosis ketiga adalah sudah terbit tiket ketiga yang dapat dicek di akun PeduliLindungi.

Baca juga: DKI kerja keras persiapkan vaksinasi "booster"

Kemudian, sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua terakhir enam bulan lalu dan dalam kondisi sehat dan lolos pemeriksaan kesehatan.

Puskesmas Jagakarsa membuka pendaftaran melalui laman bit.ly/vaksinboosterjagakarsa.

Sementara itu, Puskesmas lain di antaranya Puskesmas Kecamatan Cengkareng di Jakarta Barat belum membuka vaksinasi dosis ketiga.

Melalui unggahan di akun Instagram, Puskesmas Cengkareng mendukung pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga, namun pihaknya masih menyiapkan logistik vaksin.

Baca juga: Vaksinasi 'booster' Puskesmas Koja dilakukan secara bergantian

Begitu juga dengan Puskesmas Cilandak, Jakarta Selatan yang akan melakukan vaksinasi dosis ketiga bertahap namun menyesuaikan ketersediaan logistik.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022