Presiden Jokowi juga akan melakukan pencanangan Gerakan Nasional Rehabilitasi Mangrove di kawasan Teluk Kendari
Kendari (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melepasliarkan satwa endemik Sulawesi Tenggara yaitu anoa, rusa dan burung kakatua di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Selain melepasliarkan satwa di TNRAW, Presiden Jokowi juga dijadwalkan melakukan pencanangan Gerakan Nasional Rehabilitasi Mangrove di kawasan Teluk Kendari.

Ketua Panitia Daerah HPN Sultra yang juga Sekda Provinsi Sultra, Hj Nur Endang Abbas di Kendari, Rabu, menjelaskan acara puncak HPN 2022 rencananya dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara di Kelurahan Anduonohu Kecamatan Poasia, Kota Kendari pada 9 Februari 2022.

Baca juga: PWI diajak Menteri LHK gaungkan isu kepedulian lingkungan pada HPN

Pada hari puncak akan diberikan penghargaan kepada pemenang Anugerah Adinegoro, dan Anugerah Kebudayaan kepada kepala daerah yang dinilai mengembangkan budaya daerahnya.

HPN direncanakan  dihadiri Presiden Joko Widodo bersama para menteri, duta besar dan para tokoh pers nasional. Sama seperti peringatan HPN tahun tahun sebelumnya, yang selalu dihadiri Presiden dan para tamu kehormatan lainnya.

Baca juga: Pemprov Sultra-PWI tindak lanjut penetapan tuan rumah HPN 2022
 
Ketua PWI Atal S Depari (kemeja putih) bersama Sekda Provinsi Sultra yang juga Ketua Panitia HPN Daerah Hj Nur Endang Abbas dan para pengurus PWI Pusat dan PWI Sultra dalam rapat pertemuan menyambut HPN pada 9 Februari 2022. (Foto ANTARA/HO)


Rangkaian kegiatan lain yang akan digelar di Kota Kendari, di antaranya Seminar Nasional Pertambangan, Pariwisata, juga Lingkungan Hidup, yang sebelumnya dilakukan Focus Group Discussion (FGD) oleh para pakar untuk melahirkan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah.

Seminar akan dihadiri sejumlah menteri terkait dan pihak terkait di bidang masing-masing.

Baca juga: Sulawesi Tenggara tuan rumah rangkaian peringatan HPN 2022

Selain itu, kata Sekda, dilaksanakan Forum Investasi oleh Kemenko Marves, Kepala BKPM, bersama para dubes, pengusaha anggota Kadin, pemerintah daerah dan para pengusaha nasional maupun lokal.

Sementara Kemenpora akan melaksanakan Diskusi Desain Besar Olah Raga Nasional bersama Seksi Wartawan Olah Raga PWI se-Indonesia, sekaligus memberikan penghargaan kepada pemrakarsa olah raga, dalam acara Rapat Kerja Nasional SIWO PWI.

Ada pula parade seni kebudayaan dari beberapa daerah di Indonesia. Pameran UMKM serta potensi pembangunan oleh Pemprov Sultra, pameran ekonomi kreatif, panggung hiburan rakyat, serta penampilan seni kontemporer. Dimeriahkan juga jalan santai untuk masyarakat umum Kota Kendari.

Baca juga: BKSDA Sultra bentuk Satgas penanganan konflik manusia dan satwa liar

Untuk kalangan media, akan diselenggarakan Konvensi Nasional Media Massa, Seminar Literasi Digital, Klinik Penulisan Kebudayaan, Pameran Pers, Forum Pemimpin Redaksi, Rapat Pimpinan Nasional Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), pertemuan Dewan Kehormatan PWI se-Indonesia, dialog kebudayaan dan lokakarya jurnalistik.

Untuk kegiatan sosial, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) menggelar bakti sosial pembagian sembako di panti asuhan, Musyawarah Kerja Nasional, serta famili trip dan City Tour di tempat wisata di Kendari.

Baca juga: 1.000 bibit mangrove ditanam di Pulau Sumanga-Sultra

Baca juga: BPDASHL padat karya penanaman mangrove 11 kabupaten di Sultra

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022