Los Angeles (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Film paling akhir adaptasi buku komik, "Green Lantern" (3-D), telah dibuka di seluruh Amerika Utara pada akhir pekan Hari Ayah, dan mengantungi 52,7 juta dolar AS dari penjualan tiket.

Film pahlawan super produksi Warner Bros` tersebut, yang dilandasi atas tokoh DC Comic dengan nama yang sama, memulai penayangan di 7.200 layar di 3.816 tempat.

Sebanyak 2.711 layar di antaranya adalah 3-D, di Kanada dan Amerika Serikat, Jumat (17/6). Dalam pemutaran tengah malam, film tersebut meraup 3,35 juta dolar AS, lebih baik daripada "Thor", kisah pahlawan super lain yang juga dilandasi dari buku komik yang diluncurkan pada musim panas ini, sebelum keadaan berubah jadi buruk pada hari berikutnya.

Pada Jumat, film memperoleh 21,6 juta dolar AS, dan hasil dari penjualan tiket merosot sebesar 21 persen pada Sabtu. Penghasilan itu bahkan lebih kecil dari perkiraan sederhana studio film.

Dalam pembuatannya, film tersebut memerlukan 200 juta dolar , dan sebanyak 125 juta dolar lagi buat pemasaran global. Studio itu harus melewati jalan panjang untuk bisa balik modal.

Sebagai salah satu franchise Warner Bros yang meniru keberhasilan film terakhir serial "Harry Potter", "Green Lantern" (3-D), yang dibintangi Ryan Reynolds sebagai pemeran utama dan menampilkan Martin Campbell --sutradara "Casino Royale", kisah lanjutan James Bond-- sebagai sutradara, menerima tinjauan buruk dari pengeritik film dan penonton.

Sementara itu film "Super 8", kerja sama J.J. Abrams-Steven Spielberg mengenai sekelompok remaja yang mengalami kecelakaan kereta, berada di nomor dua dengan penghasilan 21,3 juta dolar AS, turun 40 persen dari pekan sebelumnya. Penghasilan total dua pekannya diperkirakan mencapai 72,8 juta dolar.

"Mr. Popper`s Penguins" dibuka akhir pekan lalu di tempat ketiga, dengan perkiraan pemasukan 18,2 juta dolar AS. Komedia keluarga itu, yang menampilkan Jim Carrey sebagai pemeran utama, diluncurkan oleh 20th Century Fox.

Berikut adalah 10 teratas film paling populer, sebagaimana perkiraan studio dan Hollywood.com: "X-Men: First Class" (11.5 juta dolar ), "The Hangover Part II" (9.6 juta dolar), "Kung Fu Panda 2 (3-D)" (8.7 juta dolar), "Bridesmaids" (7.5 juta dolar), "Pirates Of The Caribbean: On Stranger Tides (3-D)" (6.2 juta dolar), "Midnight In Paris" (5.2 juta dolar), dan " Judy Moody And the Not Bummer Summer" (2.2 juta dolar AS).

(T.C003/A/A011/A011) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011