Tapi kemungkinan untuk bazar kita siapkan selama 2-3 hari, agar ada kesempatan para tamu MotoGP berkunjung dan berbelanja di bazar tersebut
Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyiapkan kegiatan bazar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Mataram-Mandalika Fair dan Festival Mutiara untuk menyambut ajang balap motor internasional MotoGP 2022.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Rabu, mengatakan, dua bazar UMKM sekaligus ajang promosi pariwisata tersebut akan digelar bersamaan dengan MotoGP yakni pada 20 Maret 2022.

"Tapi kemungkinan untuk bazar kita siapkan selama 2-3 hari, agar ada kesempatan para tamu MotoGP berkunjung dan berbelanja di bazar tersebut," katanya.

Menurutnya, kendati dua bazar itu digelar secara bersamaan, namun lokasi kegiatannya dilaksanakan pada tempat berbeda.

Untuk kegiatan bazar Mataram-Mandalika Fair disiapkan di objek wisata Taman Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela. Dengan lokasi yang luas dan representatif, pihaknya optimistis bisa melibatkan UMKM lebih banyak dibandingkan saat Mataram-Mandalika Fair menyambut World Superbike (WSBK) November 2021.

Baca juga: Menparekraf yakin MotoGP 2022 akan dongkrak kinerja UMKM lokal

"Saat WSBK kita hanya bisa menampung sekitar 25-30 UMKM. Harapannya jumlah UMKM yang terlibat saat Mataram-Mandalika Fair menyambut MotoGP bisa dua kali lipat," katanya.

Pasalnya, dengan kondisi Taman Loang Baloq yang kini sudah rampung direvitalisasi memungkinkan untuk perusahaan atau EO (event organizer) membuka promosi atau kegiatan apapun pada saat yang bersamaan.

"Harapannya, hal itu juga bisa menarik minat pengunjung dan meningkatkan nilai transaksi UMKM selama kegiatan berlangsung," katanya.

Sementara untuk kegiatan Festival Mutiara akan digelar Lombok Epicentrum Mall untuk mendekatkan konsumen. Sebelumnya, saat WSBK Dispar menggelar di Mataram Craft Center (MCC), sekaligus mempromosikan keberadaan MCC sebagai sentra kerajinan mutiara, emas dan perak.

"Harapan kita jumlah perajin mutiara yang ikut serta dalam Festival Mutiara menyambut MotoGP juga bisa bertambah," katanya.

Lebih jauh Denny mengatakan selain dua kegiatan bazar UMKM yang disiapkan menyambut MotoGP, Dispar juga menyiapkan pagelaran atraksi Peresean yang merupakan salah satu kesenian tradisional di Pulau Lombok.

"Untuk atraksi Peresean, masih kami koordinasikan sebab ini terkait masalah anggaran," katanya Denny.

Baca juga: MotoGP Mandalika bawa optimisme baru ke pelaku UMKM

 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022