Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mencanangkan Dekade Keselamatan Jalan 2011-2020 dengan harapan dapat menekan jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Wapres, saat memberikan pengarahannya dalam acara pencanangan Dekade Keselamatan Jalan 2011-2020 di Kantor Wapres di Jakarta Senin mengatakan bahwa tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia termasuk tinggi.

Turut hadir dalam acara pencanangan tersebut Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata, dan Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna.

Wapres menyebutkan setiap tahun terdapat sekitar 60 ribu orang meninggal karena kecelakaan lalu lintas. Wapres berharap jumlah korban kecelakaan lalu lintas, baik yang meninggal dunia maupun korban luka-luka, harus bisa dikurangi.

"Target utamanya tentu untuk mengurangi jumlah korban jiwa," kata Wapres.

Apalagi, ujar Wapres, rata-rata korban kecelakaan lalu lintas ini adalah kelompok usia yang produktif yang seharusnya mampu memberikan sumbangan bagi kemajuan kesejahteraan bangsa.

"Ini adalah hal yang sangat serius menurut pandangan saya, untuk kita tangani sungguh-sungguh. Penyebabnya macam-macam karena jalannya, sepeda motor, atau mobil yang tidak laik, tapi yang paling besar tampaknya adalah faktor manusianya," kata Wapres.

Faktor manusia atau pengguna jalan itu sendiri pada akhirnya yang menentukan keselamatan di jalan. Untuk itu, Wapres mengatakan pengaturan terhadap perilaku berkendara menjadi sangat penting.

Pemerintah telah membuat pengaturan demi keselamatan dalam berlalu lintas. Namun, ujar Wapres, pengaturan saja tidak cukup karena dibutuhkan kesadaran atau etika dalam berkendaraan diruang publik.

Wapres sangat mendukung rencana aksi keselamatan jalan yang telah disiapkan, yang fokus pada manusia atau pengendara.

"Saya harapkan nanti ada langkah konkret, yang nanti bisa mengurangi risiko dari segi faktor kesalahan manusia," katanya.

Selain itu, Wapres juga mengharapkan setiap pelaksana dalam aksi keselamatan jalan ini, melaksanakan tugasnya sesuai dengan apa yang direncanakan. Wapres juga meminta para menteri terkait untuk memberikan laporan secara periodik tentang pelaksanaan implementasi rencana aksi keselamatan jalan.

Sementara itu, Menhub Freddy Numberi mengatakan pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas di jalan.

Terkait dengan tingkat kecelakaan sepeda motor yang dikaitkan jumlah sepeda motor yang terus meningkat, Freddy mengatakan pihaknya mengharapkan adanya pengaturan yang lebih baik tentang distribusi sepeda motor.

(H017/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011