Jakarta (ANTARA) - Pebalap Yamaha Adrien van Beveren kembali ke puncak klasemen Reli Dakar kategori sepeda motor saat pebalap KTM menjadi yang tercepat menaklukkan etape 10 di Bisha, Arab Saudi, pada Rabu.

Van Beveren mengawali etape yang menempuh special stage sepanjang 375km dari Wadi Ad Dawasir ke Bisha itu dari peringkat tiga klasemen, terpaut empat menit dari pemuncak sebelumnya Matthias Walkners.

Mencatatkan waktu tercepat keempat, sang pebalap Prancis berhak menjadi pemuncak klasemen untuk kedua kalinya di Dakar tahun ini dengan mengantongi keunggulan empat menit 15 detik dari Pablo Quintanilla dari tim Honda, yang melontarkan dirinya ke peringkat dua klasemen meski finis ke-10 hari ini.

"Saya telah menghitung dan sepertinya besok terlihat sangat baik, start sedikit lebih di belakang," kata van Beveren dikutip laman resmi Dakar.

"Masalahnya besok adalah etape berpasir dan, ketika Anda meninggalkan jejak untuk diikuti pebalap lain, mereka dapat mengambil keuntungan waktu dari Anda.

Baca juga: Cornejo menangi etape 9, Walkner pemuncak klasemen baru 
Baca juga: Sunderland kembali ke puncak setelah menangi etape 8 Reli Dakar 


"Saya tahu KTM, GasGas dan Husqvarna akan membalap sebagai satu tim, dan Honda punya empat pebalap yang cepat.

"Sayangnya, Andrew (Short) tidak sebaik saya hari ini, jadi dia tidak akan dapat membantu saya besok. Saya akan sendirian, itu akan tergantung kepada saya. Saya tak tahu apa hasilnya nanti.

"Mungkin saya satu-satunya yang tidak punya strategi, dan mungkin itu akan bekerja dengan baik. Mungkin itu akan membuat mimpi kami menjadi kenyataan."

Sementara itu, Sam Sunderland menjaga asanya memenangi Dakar tahun ini di peringkat tiga dengan margin hampir enam detik, sedangkan Joan Barreda dan Walkner mengancam di peringkat lima besar dengan selisih kurang dari sembilan menit dari sang pemuncak klasemen.

Price memenangi etape 10 setelah memimpin sejak km 258 dan membawa motor KTM-nya dua menit sembilan detik di depan Luciano Benavides dari tim Husqvarna. Joan Barreda melengkapi podium tiga menit 21 detik berselang untuk Honda, demikian laman resmi Dakar.

Dengan kemenangan itu, Price merangsek dari peringkat sembilan ke enam klasemen, namun terpaut 27 menit 43 detik dari van Beveren dengan etape tersisa.

Sementara itu, juara bertahan Kevin Benavides harus menelan kecewa karena ia harus gugur di etape hari ini akibat kerusakan mesin, sehingga gagal mempertahankan gelarnya. 

Etape 11 akan menempuh rute melingkar di Bisha dengan special stage sejauh 346km. 

Baca juga: Truk berbahan bakar hidrogen diuji coba dalam ajang Reli Dakar 
Baca juga: Van Beveren rebut pimpinan klasemen, Cornejo menangi etape 7 Dakar 
Baca juga: Petrucci juara etape 5 Dakar setelah Price terkena penalti 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022