Pasar Burung Pramuka menjadi tempat informasi konservasi burung yang dilindungi.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mendukung pengembangan Pasar Burung Pramuka Jakarta sebagai destinasi wisata karena memiliki potensi yang besar untuk terus mengembangkannya.

Oleh karena itu, dia memandang perlu renovasi total sebagai upaya pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif.

"Renovasi total Pasar Burung Pramuka perlu dilakukan karena menjadi tempat transaksi burung legal. Selain itu, juga pengembangan UKMM berbasis ekonomi kreatif dan menjadikan pasar burung terbesar di Asia Tenggara," kata Muhaimin dalam keterangannya usai mengunjungi Pasar Burung Pramuka, Jakarta Timur, Rabu.

Ditegaskan pula bahwa pengembangan Pasar Burung Pramuka perlu dilakukan agar dapat menjadi sebagai destinasi wisata sekaligus tempat edukasi beberapa jenis burung di Indonesia.

Menurut dia, Pasar Burung Pramuka juga menjadi tempat informasi konservasi burung yang dilindungi.

Ia juga menyarankan agar pemerintah memperbaiki regulasi sehingga dapat memberikan dampak positif bagi para pedagang burung.

"Untuk lebih jeli dalam memilah jenis satwa yang dilindungi secara spesifik, jenis apa yang boleh dan tidak diperdagangkan. Biar tidak menjadi multitafsir untuk keberlangsungan keberadaan Pasar Burung Pramuka," ujarnya.

Pendiri Yayasan BnR Ahmad Baslan atau Bang Boy mengatakan bahwa Pasar Burung Pramuka merupakan motor penggerak ekonomi kerakyatan dan sebagai sentra penjualan berbagai jenis burung.

Bang Boy mengaku sengaja mengajak Muhaimin untuk mengunjungi Pasar Burung Pramuka agar bisa langsung mendengarkan keluhan para pedagang di pasar tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, para pedagang menyampaikan keluhan dan harapan terkait dengan peremajaan Pasar Pramuka agar dapat menambah tingkat kenyamanan dan menarik minat pembeli untuk mengunjungi pasar burung tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Muhaimin didampingi anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan.

Baca juga: Kawasan Dolly Surabaya disulap jadi Pasar Burung dan Batu Akik

Baca juga: Djarot ingin merenovasi pasar burung Pramuka


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022