Los Angeles (ANTARA News) - Sebuah lelang memorabilia yang diselenggarakan aktris lawas Hollywood Debbie Reynolds dikabarkan memperoleh pendapatan 22,8 juta dolar AS selama kurun waktu sepekan.

Termasuk diantara yang dilelang adalah penjualan yag memecahkan rekor dari gaun "subway" milik sang ikon Marilyn Monroe yang dikenakannya saat membintangi film "The Seven Year Itch" tahun 1995, ungkap pihak penyelenggara seperti dikutip Reuters, Selasa WIB.

Tawaran terakhir senilai 4,6 juta dolar AS yang memenangkan lelang gaun Monroe yang pernah bergulung-gulung diterpa angin ke udara seiring datangnya kereta kala gaun itu dikenakan Monroe, meningkat nilainya menjadi 5,52 juta dolar AS setelah dikenai pajak dan "fee." Jumlah itu melampaui perkiraan prapenjualan sampai 1 - 2 juta dolar dolar AS.

Gaun itu ada bersama 600 kostum lainnya dan koleksi kenangan lainnya yang dikumpulkan Reynolds yang adalah penyanyi, sekaligus penari dan aktris yang melambung namanya di era 1950an serta menikah dengan penyanyi Eddie Fisher.

"Sungguh tak terlukiskan oleh kata-kata. Lelang pertama ini menunjukkan bahwa bintang-bintang terbaik kami itu dicintai dunia," ujar Reynolds. 

Lelang kedua barang-barang kenangangn milik Reynold akan dilaksanakan pada 3 Desember mendatang.

Lembaga pelelang Profiles in History mengungkapkan bahwa rekor penjualan kostum film sebelumnya dipegang oleh gaun kecil hitam milik Audrey Hepburns yang ikonik yang dipakaiknya pada 1961 dalam film "Breakfast at Tiffanny".  Gaun itu terjual pada harga 923.187 dolar AS.

Lelang itu menghassilan penjualan-penjualan besar yang melampaui rekor itu.  Gaun Hepburns lainnya dalam film "My fair lady" ditawar 4,4 juta dolar AS, sedangkan gaun katun biru milik Judy Garland dalam film "Wizard of Oz" dilego pada harga 1,09 juta dolar AS.(*)

Yudha

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011