Jakarta (ANTARA) - Beberapa informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (12/1/2022), mulai dari lampu hijau ekspor batu bara hingga pemerintah mempertahankan subsidi energi untuk menjaga daya beli masyarakat.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Lampu hijau ekspor batu bara untuk produsen yang penuhi 100 persen DMO

Pemerintah Indonesia memprioritaskan kegiatan ekspor batu bara untuk produsen tambang yang memenuhi 100 persen ketentuan persentase penjualan untuk kebutuhan dalam negeri atau domestic market obligation (DMO). Baca selengkapnya di sini
 

2. Sandiaga Uno: Pemerintah akan maksimal persiapkan ajang MotoGP 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pemerintah akan maksimal mempersiapkan ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang dipastikan memberikan dampak besar pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Baca selengkapnya di sini
 

3. Kemenkeu: Kebutuhan pembiayaan utang APBN 2022 akan lebih rendah

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu meyakini kebutuhan pembiayaan utang APBN 2022 akan lebih rendah dari target yang sebesar Rp973,6 triliun.

Baca selengkapnya di sini
 

4. Menkop UKM: UMKM sudah mulai reborn

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan pelaku usaha mikro, kecil l, dan menengah (UMKM) sudah mulai "reborn" atau kembali pulih dari dampak krisis ekonomi yang terjadi pada 2020 akibat pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Pemerintah pertahankan subsidi energi untuk jaga daya beli masyarakat

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan

alasan pemerintah mempertahankan subsidi energi adalah demi menjaga daya beli masyarakat di tengah agenda pemulihan ekonomi nasional.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022