Beverly Hills, California (ANTARA News) - Dalam satu event yang disebut bayangan dari penghargaan Emmys tahun lalu dan prediksi terang mengenai hasil perhelatan itu tahun ini, "Mad Men" dan "Modern Family" memenangkan penghargaan tertinggi dalam satu acara baru yang diselenggarakan para kritikus televisi.

Dua acara TV yang keduanya menjadi primadona para kritikus itu memperoleh penghargaan sebagai drama terbaik dan komedi terbaik dalam ajang Critics' Choice Television Awards di Beverly Hills, Selasa pagi WIB lalu.

Peristiwa itu diorganisasikan oleh Asosiasi Juanlis Televisi Penyiaran (BTJA) yang masih berkaitan dengan Broadcast Film Critics Association, yang adalah satu kelompok beranggotakan para penaksi pemenang Oscar.

Para penyelenggara berharap kemampuan mereka menaksir tepat film layar lebar terbaik menular pula ke televisi. Seremoni mereka berlangsung selama empat hari sebelum penghargaan televisi tertinggi Emmy Awards. Para nominee Emmy akan diumumkan 14 Juli mendatang dan pemenangnya akan diumumkan 18 Juli mendatang.

"Mad Men" Drama yang berating rendah dan mengambil seting tempat Madison Avenue pada 1960an itu, memboyong tiga penghargaan Critics Choice.

Bintang sebuah serial Jon Hamm memenangkan kategori aktor drama terbaik, sedangkan Christina Hendricks menjadi aktris pembantu drama terbaik bersama Margo Martindale dalam serial "Justified".

Sedangkan "Madmen" yang memenangkan kategori drama Emmy terbaik selama tiga tahun terakhir, tak pernah mendapatkan penghargaan untuk aktor-aktornya.

"Modern Family" yang mendomianasi dengan enam nominasi penghargaan, memboyong kategori komedi terbaik.

Pemain pembantu Eric Stonestreet yang memangkan Emmy tahun lalu atas peran pendukungnya, dibayangi ketat dalam Critics Choice Awards oleh Neil Pattrick Harris dari serial "How I Met Your Mother".

Di kategori komedi, pemenangnya dipegang juara Emmy Jim Parsons untuk peran utamanya dalam "The Big Bang Theory" dan bintang "30 Rock" Tina Fey dan Busy Phillips yang menjadi peran pendukung dalam "Cougar Town".

Phillips, yang berperan sebagai si pirang yang nakal dalam acara itu, mengatakan bahwa dukungan para kritikus itu penting, dan bahkan lebih sehingga "ketika Anda merasa seperti orang yang tak melihatnya."

Para pemenang Critics Choice lainnya adalah bintang "Good Wife " Julianna Marguilies sebagai aktris terbaik dan John Noble untuk peran pendukungnya dalam "Fringe".

Perhelatan yang meniadakan kategori miniseri-miniseri dalam Emmy itu disiarkan secara langsung. Pembahasannya akan disiarkan melalui jaringan kabel ReelzChannel mulai Rabu waktu AS.(*)
Yudha

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011