Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada jajaran Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya untuk menjaga wibawa Polri serta menghindari pelanggaran dan penyimpangan dalam bertugas.

"Jaga kewibawaan dan hindari penyimpangan, tampil dan hadir di tengah masyarakat, yakinkan bahwa dengan kehadiran rekan-rekan, maka rasa aman betul-betul bisa diwujudkan," kata Jenderal Listyo dalam peresmian Tim Patroli Perintis Presisi di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Kamis.

Dalam arahannya, Listyo juga memerintahkan  jajaran Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya untuk menjalankan tugas secara humanis namun tidak ragu untuk bertindak tegas dalam menghadapi aksi kriminal.

Ketegasan tim dalam menindak berbagai tindak kejahatan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam beraktivitas.

"Tampil baik dan humanis, berikan pelayanan yang terbaik, namun jangan ragu-ragu untuk melakukan tindakan tegas, berwibawa demi untuk memberikan rasa aman dan menghilangkan ketakutan masyarakat dari kejahatan-kejahatan jalanan," ujarnya.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Jaya siap gelar latihan "street race" di Ancol
Baca juga: Program Vaksinasi Merdeka Anak memvaksinasi 1,4 juta anak di Jadetabek


Meski demikian, Jenderal Listyo juga mengingatkan kepada jajaran Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya untuk tidak melulu fokus pada penindakan kejahatan. Dia mengingatkan kepada tim untuk membantu masyarakat yang membutuhkan meski hal itu hanyalah hal kecil.

"Di satu sisi, rekan-rekan juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan preventif, mulai dari melaksanakan kegiatan patroli, melakukan hal hal kecil yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat, mulai dari membantu menyeberangkan masyarakat yang membutuhkan rekan-rekan," katanya.

Selain itu membantu hal-hal kecil yang mungkin dibutuhkan masyarakat agar terbantu dengan kehadiran tim sampai dengan melakukan langkah yang cepat pada saat terjadi kejahatan.

Listyo pun menyampaikan apresiasi kepada Polda Metro Jaya yang telah membentuk Tim Patroli Perintis Presisi demi menjaga keamanan masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya.

"Sekali lagi selamat atas terbentuknya Tim Patroli Perintis Presisi dan saya harapkan kehadiran rekan-rekan betul-betul bisa memberikan rasa aman terhadap masyarakat, khususnya aktivitas masyarakat yang berada di wilayah DKI Jakarta," katanya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022