Jakarta (ANTARA) - Penanggung jawab senjata yang dipakai di film "Rust" menggugat pemasok properti, menuduh perusahaannya mendistribusikan peluru tajam di lokasi di mana polisi mengatakan aktor Alec Baldwin menembakkan peluru yang menewaskan sinematografer Halyna Hutchins.

Penanggung jawab senjata Hannah Gutierrez Reed meminta ganti rugi dari pemasok properti Seth Kenney dan perusahaannya, PDQ Arm dan Prop LLC, berdasarkan gugatan yang diajukan di pengadilan New Mexico.

Kenney belum berkomentar, dikutip dari Reuters. Sementara itu, dalam wawancara bersama ABC News pada Desember, Kenney membantah peluru yang ada di lokasi syuting berasal dari perusahaannya.

Baca juga: Supervisor naskah "Rust" gugat Alec Baldwin atas insiden penembakan

Baca juga: Dwayne Johnson hindari syuting pakai pistol asli usai insiden Baldwin


Penembakan di lokasi syuting yang terjadi pada 21 Oktober sedang diselidiki otoritas New Mexico dan mengguncang industri hiburan. Insiden itu memakan korban sinematografer dan melukai sutradara Joel Souza.

Dalam gugatan itu, Reed mengatakan dia memasukkan peluru dengan label amunisi "dummy" ke dalam senjata.

"Yang Hannah ketahui, senjata itu diisi enam 'dummy rounds'," kata gugatan tersebut, dikutip dari Reuters.

Gugatan itu juga mengatakan dia sudah tidak mengontrol senjata 15 menit sebelum penembakan karena protokol COVID membuatnya harus berada di luar gereja tempat kejadian berlangsung. Insiden itu tidak terekam dalam kamera sebab Baldwin saat itu sedang berlatih adegan yang akan direkam belakangan.

Amunisi itu disalahartikan sebagai hanya amunisi "dummy" padahal isinya amunisi "dummy" dan peluru tajam, tulis gugatan itu.

"Tergugat mendistribusikan kotak amunisi yang harusnya berisi amunisi 'dummy' tetapi berisi campuran amunisi 'dummy' dan peluru tajam ke tim produksi 'Rust'."

Baldwin mengatakan kepada ABC News bahwa dia tidak menarik pelatuk, dia mengatakan pistol itu meletus ketika dia mengokang pistol dan melatih angle kamera dengan Hutchins.


Baca juga: Alec Baldwin ingin dapatkan kedamaian di tahun yang baru

Baca juga: Alec Balwin tampil lagi di publik, hadiri Gala Ripple of Hope Award

Baca juga: Alec Baldwin hapus akun Twitter usai wawancara terkait insiden "Rust"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022