Kita harus tetap semangat menjaga prokes dan sekaligus optimis pandemi bisa lebih terkendali tahun ini berbekal capaian vaksinasi yang telah merata
Banjarmasin (ANTARA) - Sepuluh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan per tanggal 12 Januari 2022 kini bebas kasus COVID-19 dengan tidak adanya pasien dirawat di rumah sakit ataupun tempat karantina khusus.

"Alhamdulilah penurunan kasus COVID-19 terus terjaga dan dari 13 daerah, 10 di antaranya sudah tidak ada pasien terkonfirmasi positif," terang Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Muhamad Muslim di Banjarbaru, Kamis.

Adapun tiga kabupaten atau kota yang masih ada kasus COVID-19 yaitu Kabupaten Barito Kuala 3 kasus, Kabupaten Tanah Bumbu 1 kasus dan Kota Banjarbaru 1 kasus.

Baca juga: 31 kelurahan di Kota Kupang sudah bebas kasus positif COVID-19

Muslim mengatakan tiga daerah tersebut untuk tetap waspada dengan melakukan upaya tracing secara maksimal agar diketahui paparan penularan dari pasien bersangkutan.

Sedangkan bagi wilayah yang bebas kasus COVID-19 diminta juga tak boleh lengah dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Kasus menurun, Dinkes ingatkan Kepri belum bebas dari COVID-19

Di samping tetap mewaspadai penularan COVID-19 meski dalam kondisi pandemi melandai sekalipun, Muslim mengingatkan pula program vaksinasi yang terus berjalan.

Saat ini sebagian wilayah di Kalsel sudah melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun bagi daerah yang capaian vaksin terhadap lansia sudah 60 persen.

Baca juga: 14 kecamatan di Kota Bandung bebas kasus positif aktif COVID-19

"Kita harus tetap semangat menjaga prokes dan sekaligus optimis pandemi bisa lebih terkendali tahun ini berbekal capaian vaksinasi yang telah merata," katanya.

Pewarta: Firman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022