Jakarta (ANTARA) - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai induk Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata berharap PT Taman Wisata Candi atau TWC sebagai anggota holding akan mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tahun ini.

"Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata juga memiliki PT Taman Wisata Candi atau TWC yang mana merupakan destination management organization yang mengelola Borobudur, Prambanan, Ratu Boko dan kemudian juga Taman Mini Indonesia Indah yang pada tahun ini akan kita kelola juga," ujar Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria dalam peluncuran Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata di Mandalika seperti dipantau secara virtual dari Jakarta pada Kamis.

Menurut Dony, Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata terdiri dari beberapa perusahaan BUMN yang berada di bawah holding yakni bandara di mana bandara Indonesia ke depannya diharapkan akan menjadi bandara yang terbaik di dunia.

"Holding Aviasi dan Pariwisata juga memiliki hotel, kita menyatukan 122 hotel yang berada di bawah Kementerian BUMN, dan ini ke depannya akan menjadi jaringan hotel terbesar di Indonesia," katanya.

Holding juga mengelola Sarinah di mana Sarinah akan menjadi ritel dan heritage store Indonesia yang diharapkan ke depan menjadi pendorong sektor UMKM Indonesia untuk maju dan masuk ke pasar internasional.

Dony menyampaikan bahwa pembentukan Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata ini sesuai dengan arahan Presiden RI bahwa ke depannya diinginkan ada satu ekosistem pariwisata Indonesia yang mengurus dari hulu hingga hilir.

Sebelumnya pada Kamis (13/1) secara resmi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata Indonesia.

Presiden Jokowi mengingatkan induk usaha (holding) BUMN Pariwisata harus gesit, lincah dan profesional dalam menjalankan bisnis, jangan malah terjebak dalam permasalahan-permasalahan lama.


Baca juga: Presiden Jokowi luncurkan BUMN induk pariwisata "InJourney"
Baca juga: PT TWC bertekad kelola TMII lebih transparan
Baca juga: TMII buka untuk wisata mulai 17 September 2021
Baca juga: Pengunjung TMII pada liburan Natal capai 15.555 orang

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022