Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kecamatan Tanah Abang menambah pos lokasi sentra pelayanan vaksin "booster" yang diberikan pada dosis ketiga, seiring antusias tinggi dari warga lanjut usia (lansia) yang datang.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Sari Ulfa, mengatakan saat ini pihaknya baru membuka satu pos dengan kuota 125 dosis vaksin booster per hari.
​​​
Baca juga: DKI prioritaskan vaksin booster kepada lansia dan kelompok rentan

"Sekarang ini baru satu pos untuk (vaksin) booster, itu 125 dosis. Besok bertambah lagi di Kantor Lurah Kebon Kacang menjadi dua pos," kata Sari Ulfa saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jalan Danau Toba Jakarta Pusat, Kamis.

Sari menjelaskan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan rumah sakit sekitar, termasuk RS TNI AL Mintohardjo untuk turut serta membuka layanan vaksin booster.

Menurut Sari, saat ini tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator juga masih menyelesaikan vaksin anak usia 6-11 tahun di sekolah-sekolah untuk dosis kedua.

"Selanjutnya pos-pos kita yang ada di SD setelah selesai dosis kedua, akan kita upayakan dengan linta sektor, untuk bisa kembali melakukan di RPTRA atau RW-RW," tutur Sari.

Baca juga: Pemkot Jakbar targetkan 250 warga ikut vaksin booster di mal

Saat ini, pelaksanaan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun sudah mencapai 85 persen atau sebanyak 10.625 anak.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mencatat pihaknya menargetkan ada 10.453 warga lansia yang mendapat vaksin booster.

"Total yang tercatat dari dosis kedua sudah ada 10.453 lansia. Jadi kita akan terus berupaya agar seluruh lansia mendapat booster," ungkap Dicky.

Adapun Puskesmas Kecamatan Tanah Abang menyediakan jenis vaksin Pfizer dan Moderna sebagai booster.

Jadwal penyuntikan vaksin booster di Puskesmas Tanah Abang, yakni Pfizer dibuka setiap Senin, Rabu dan Jumat, sedangkan Moderna setiap Selasa dan Kamis.

Baca juga: Jaksel fokuskan sentra vaksin "booster" di Puskesmas kecamatan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022