...semua yakin bahwa koperasi merupakan solusi atas persoalan ekonomi yang mengancam kedaulatan bangsa...
Jakarta (ANTARA News) - Apa hubungannya antara kapal perang TNI AL dengan nasib perkoperasian nasional? Ternyata ada, karena sekitar 500 tokoh koperasi se-Indonesia berkumpul dalam lambung KRI Tanjung Nusanive-973 untuk berdiskusi membahas berbagai hal tentang koperasi di Tanah Air dermaga Kolinlamal Tanjung Priok, Jakarta.

"Pertemuan ini merupakan salah satu rangkaian acara Hari Koperasi ke-64 yang puncaknya akan digelar di Istora Senayan Jakarta, pada 12 Juli 2011," kata Ketua Panitia Hari Koperasi Nasional Ke-64, Nachrowi Ramli, di Jakarta, Rabu.

KRI Tanjung Nusanive-973 yang ditambat di dermaga Markas Komando Komando Lontas Laut Militer TNI-AL, Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi tempat yang dipilih dalam seri seminar perkoperasian nasional itu, sebagai bentuk dukungan TNI-AL.

Tema yang dipilih adalah "Peran Koperasi Dalam Membangun Kedaulatan Ekonomi Indonesia" itu di atas Kapal TNI AL sebagai salah satu wujud

Ia mengatakan, pertemuan itu menghadirkan ratusan tokoh koperasi termasuk Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan, Panglima Kolinlamil TNI-AL, Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, para ketua Induk Koperasi, Primer Koperasi, Induk Koperasi TNI-AL, Induk Koperasi Kepolisian, dan beberapa tokoh sejawat lain.

"Persoalan kedaulatan ekonomi ini tanggung jawab kita semua, dan semua yakin bahwa koperasi merupakan solusi atas persoalan ekonomi yang mengancam kedaulatan bangsa," kata Nachrowi.

Pertemuan yang menghadirkan ratusan tokoh gerakan koperasi itu diharapkan dapat memberi masukan dalam upaya mengukuhkan sistem ekonomi yang tepat untuk menegakkan kedaulatan bangsa khususnya melalui koperasi.

"Dari pertemuan ini kita harapkan bisa menemukan suatu rumusan tentang pengembangan koperasi sekaligus mendapatkan dukungan pemerintah untuk kepentingan itu," katanya.

TNI AL dan Panitia Hari Koperasi Nasional telah sejak lama menjalin kerja sama dalam pengembangan koperasi. Pada 2007, sebagai misal Kolinlamil TNI AL bersama Panitia Hari Koperasi melakukan pelayaran kebangsaan yang mengikutsertakan anggota gerakan koperasi.

Pelayaran kebangsaan dimulai dari Pelabuhan Tanjung Priok hingga ke Benoa, Bali, untuk merayakan puncak Hari Koperasi 2007 yang digelar di Denpasar, Bali.

Tahun ini, rangkaian acara menyambut Hari Koperasi Nasional ke-64 juga telah disiapkan bahkan beberapa di antaranya telah dilaksanakan.

Beberapa acara yang akan digelar di antaranya ziarah ke Makam Bung Hatta, gerak jalan dan sepeda santai bersama Wakil Presiden RI, hingga Renungan Suci di Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), tempat Konggres Pertama Koperasi diadakan.

Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan, pada kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya gerakan koperasi untuk merumuskan sebuah upaya pengembangan bagi koperasi ke depan.

"Inisiatif seperti ini harus diapresiasi dan saya mendukung serta selalu siap memfasilitasi gerakan koperasi," katanya. (H016)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011