Wapres berpesan pengungsi korban erupsi Semeru jangan merasa sendiri

Wapres berpesan pengungsi korban erupsi Semeru jangan merasa sendiri

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi pembangunan hunian sementara masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Jumat (14/1/2022). (ANTARA/HO-Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berpesan kepada para pengungsi korban erupsi Gunung Semeru untuk tidak merasa sendiri karena pemerintah akan berupaya memberikan bantuan berupa hunian.

"Ibu, Bapak jangan merasa sendiri, (kalian) tidak sendiri. Memang ini musibah, tetapi musibah ini saya yakin akan menjadi kebaikan. Kalau dalam Alquran ada hadis bahwa dalam kesulitan ada kemudahan. Cuma sabar sedikit, mungkin nunggu kira-kira yang hunian sementara itu satu bulan dibangun, bertahap," kata Wapres saat berdialog dengan warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Jumat.

Wapres menjelaskan pemerintah akan membangun hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) bagi masyarakat terdampak erupsi. Pembangunan kedua jenis hunian tersebut akan dilakukan secara paralel dan diharapkan huntara dapat segera ditempati masyarakat sebelum Hari Raya Idulfitri.

Baca juga: Wapres harap huntara Semeru siap pakai sebelum Lebaran

"Yang (hunian) tetap itu akan lebih baik dari yang (hunian) sementara, (hunian) sementara yang saya lihat juga sudah cukup baik, ada wastafelnya, ada toiletnya. Jadi insyaallah ini lebih baik," jelasnya.

Pembangunan huntara dan huntap di wilayah relokasi akan menerapkan konsep Desa Cerdas atau Smart Village, yang terdapat berbagai fasilitas umum memadai serta memberikan kesempatan bagi warga untuk berkegiatan ekonomi.

"Rencananya disiapkan untuk ada pasarnya, ada sarana olahraganya, tempat kesehatannya, mungkin ada gedung pertemuannya, ada masjidnya; lengkap nanti di sini. Kemudian ada tempat usahanya, dan ada kandang terpadunya," katanya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf kunjungi lokasi Huntara Semeru
Baca juga: Wapres resmikan Menara Masjid Syaikhona K.H. Ghozali Bangkalan


Terkait sanitasi dan persediaan air minum, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyediakan fasilitas tersebut.

"Air minumnya akan disediakan, PUPR sudah menyiapkan untuk pengolahan sanitasinya, limbahnya sudah juga disiapkan. Dari mulai A sampai Z sudah dipikirkan," tukasnya.

Oleh karena itu, Wapres berharap masyarakat dapat lebih bersabar untuk dapat menempati hunian sementara di lokasi yang tidak terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.

"Jadi anggap saja musibah ini sesuatu ujian, yang untuk nantinya mudah-mudahan memperoleh tempat lebih baik lagi. Jadi nggak seperti kemarin, ada hujan (banjir lahar) deg-degan. Insyaalah ini zona aman, tenang, tinggal berusaha, dan tinggal mencari kehidupan," ujar Wapres.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Wapres doakan Mario Suryo Aji sebelum berlaga di Moto3 GP 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar