Ini akan menjadi pengalaman bagus untuk kami, untuk tim Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Para pemain tim nasional putri Indonesia antusias menghadapi Australia pada laga perdana Grup B Piala Asia 2022, Jumat (21/1), di Stadion Mumbai Football Arena, Mumbai, India.

"Kami sangat-sangat 'excited' (semangat-red) bertemu Australia karena mereka membawa tim Olimpiade. Ini akan menjadi pengalaman bagus untuk kami, untuk tim Indonesia. Semoga kami bisa memberikan perlawanan yang baik," ujar kapten timnas putri Ade Mustikiana Oktafiani di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (13/1).

Menjelang laga tersebut, Ade menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya sudah mempersiapkan diri dengan baik dalam pemusatan latihan yang digelar di Jakarta.

Selain itu, menurut bek berusia 22 tahun tersebut, modal lain yang dimiliki Indonesia untuk melawan Australia adalah motivasi.

Skuad "Garuda Pertiwi" berhasrat tinggi untuk memberikan yang terbaik di Piala Asia Putri 2022 lantaran penampilan tahun ini merupakan yang pertama dalam 33 tahun. Terakhir kali Indonesia berkompetisi Piala Asia Putri terjadi pada tahun 1989.

Baca juga: PSSI minta timnas putri tak gentar hadapi grup berat Piala Asia
Baca juga: Ketum PSSI berharap timnas putri lolos dari fase grup Piala Asia 2022

"Sudah 33 tahun kita tidak bermain di Piala Asia. Jadi kami sangat ingin lolos ke babak selanjutnya untuk membuka jalan ke Piala Dunia," tutur Ade.

Apa yang disampaikan Ade diamini oleh penyerang timnas putri Indonesia Zahra Muzdalifah.

Zahra menekankan bahwa dia dan rekan-rekannya dalam motivasi tinggi dan tidak takut dengan nama besar Australia.

"'Ngapain' harus takut? Mereka juga makan apa yang kita makan. Bedanya mereka lebih berpengalaman dan sepak bola wanitanya lebih berkembang," kata pesepak bola berumur 20 tahun itu.

Zahra menyebut skuad Australia bukanlah tanpa kelemahan dan Indonesia sudah memiliki strategi untuk memanfaatkan itu.

Dia pun bertekad untuk mencetak setidak-tidaknya satu gol ke gawang Australia.

"Itu target saya," ujar Zahra.

Piala Asia Putri 2022 digelar di India pada 20 Januari-6 Februari 2022. Pada turnamen itu Indonesia bergabung di Grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina.

Baca juga: Indonesia bidik poin penuh dari Thailand-Filipina di Piala Asia Putri

Timnas putri Australia bisa disebut sebagai yang terunggul di kawasan Asia mengingat para pemainnya memperkuat klub-klub ternama Eropa seperti Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, Chelsea dan Olympique Lyonnais.

Australia merupakan juara Piala Asia Putri pada tahun 2010 dan skuad yang dibawa ke Piala Asia 2022 merupakan tim Olimpiade 2020, Tokyo, di mana mereka berhasil mencapai semifinal.

Di Grup B, pertandingan pertama Indonesia bergulir pada 21 Januari 2022 yakni menghadapi Australia.

Kemudian pada 24 Januari 2022, skuad berjuluk Garuda Pertiwi akan melawan Thailand lalu tiga hari kemudian menjajal kekuatan Filipina.

Timnas putri Indonesia yang berkekuatan 23 pemain akan berangkat ke India pada 16 Januari 2022.

Baca juga: PSSI dorong pemain putri berkarier di luar negeri
Baca juga: Bergabungnya Shalika Aurelia ke klub Eropa memotivasi timnas putri

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022