Reli Dakar

Juara Reli Dakar, Sunderland rebut titel kedua kategori sepeda motor

Juara Reli Dakar, Sunderland rebut titel kedua kategori sepeda motor

Pebalap tim GasGas Factory Racing Sam Sunderland melakukan selebrasi setelah menjuarai Reli Dakar 2022 menyusul hasil etape 12 di Jeddah, Arab Saudi (14/1/2022). ANTARA/REUTERS/Hamad I Mohammed/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Inggris Sam Sunderland pada Jumat mengklaim gelar juara Reli Dakar 2022 setelah menyelesaikan etape 12 di Jeddah, Arab Saudi dengan mengantongi keunggulan tiga menit 27 detik dari rival terdekatnya, Pablo Quintanila.

Quintanilla asal Chile memenangi etape terpendek dengan special stage sejauh 164 dari Bisha ke Jeddah itu di saat Sunderland kehilangan waktu tiga menit 25 detik untuk finis di posisi sembilan.

Namun margin tujuh menit yang dikantongi Sunderland sedari semalam cukup membuat sang pebalap tim GasGas merebut titel Dakar untuk kedua kalinya sejak kemenangannya di edisi 2017 saat reli tersebut digelar di daratan Amerika Selatan.

Baca juga: Al-Attiyah dan Sunderland tinggal selangkah menuju titel Reli Dakar

Quintanilla harus puas menyandang runner-up klasemen untuk tim Honda, mengulangi capaian terbaiknya pada Dakar edisi 2020.

Sedangkan juara 2018 Matthias Walkner (+6'47") mengamankan peringkat tiga untuk tim KTM, demikian laman resmi Dakar

Juara bertahan Kevin Benavides terlempar dari persaingan utama setelah gagal menyelesaikan etape 10 karena kerusakan mesin.

Sunderland, yang tinggal di Dubai, mengendalikan sebagian besar persaingan Reli Dakar tahun ini, saat merebut puncak klasemen di etape 2.
 
Pebalap Gasgas Factory Racing Sam Sunderland saat beraksi pada etape 11 Reli Dakar di Bisha, Saudi Arabia, Kamis (13/1/2022). (REUTERS/HAMAD I MOHAMMED)

Baca juga: Sunderland kembali ke puncak setelah menangi etape 8 Reli Dakar

Setelah menjalani etape 7 yang cukup sulit, Sunderland tergeser dari puncak, namun dengan segera ia bangkit memenangi etape 8 demi merebut kembali posisinya.

Ia sempat digeser lagi oleh Adrien van Beveren setelah etape 10, namun finis runner-up Sunderland di etape penultima terbukti menjadi pukulan telak bagi rival-rivalnya.

Van Beveren, yang tertinggal 15 menit di belakang Sunderland di etape 11, mengamankan peringkat empat untuk Yamaha, sedangkan Joan Barreda menjadi pebalap kedua Honda di peringkat lima besar.

Baca juga: Van Beveren ambil alih puncak klasemen, Price menangi etape 10
Baca juga: Cornejo menangi etape 9, Walkner pemuncak klasemen baru

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Mobil Listrik Blits targetkan ikuti reli di Argentina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar