Kita sedang mendata untuk memperolah data pasti kerusakan akibat gempa maupun dampak lainnya
Serang, Banten (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten mengimbau warga terutama di wilayah Banten Selatan untuk tetap waspada adanya gempa susulan setelah gempa dengan kekuatan 6,7 magnitudo di Sumur Pandeglang, Jumat.

"Sudah ada enam kali gempa susulan. Kami imbau warga tetap waspada sampai benar-benar dinyatakan aman," kata Kepala BPBD Banten Nana Suryana di Serang, Jumat.

Ia mengimbau warga di sekitar Kecamatan Sumur untuk sementara waktu berada di luar rumah karena khawatir ada gempa susulan yang besar.

Baca juga: BMKG: Terjadi lima gempa susulan di Banten

Pihaknya masih melakukan pendataan kerusakan bangunan dan juga dampak lainnya dari gempa tersebut. Selain itu, BPBD Banten juga sudah menurunkan tim ke sejumlah kecamatan yang dekat dengan pusat gempa di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang.

"Kita sedang mendata untuk memperolah data pasti kerusakan akibat gempa maupun dampak lainnya," kata Nana.

Warga di Banten Selatan merasakan getaran gempa bumi yang cukup keras sekitar 30 detik saat gempa terjadi yang berpusat di Barat Daya Sumur Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: Akibat gempa magnitudo 6,7 sejumlah bangunan di Banten Selatan rusak

"Ada sekitar 30 detik getarannya, sampai-sampai barang-barang di atas lemari pada jatuh," kata Epan, salah seorang warga Kecamatan Bayah di Lebak, Jumat.

Epan mengatakan, getaran gempa terasa kencang di wilayah Bayah, hingga orang-orang pada keluar rumah dan berkumpul di tempat aman.
 

Pewarta: Mulyana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022