Jakarta (ANTARA) - Yos Paguno tak lagi mencalonkan diri sebagai ketua umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DKI Jakarta periode 2022-2026.

Sebenarnya, Yos yang menjabat sebagai Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta periode 2017-2022 memiliki satu periode lagi untuk memimpin induk organisasi basket di ibu kota. Namun, dia ingin adanya regenerasi kepemimpinan di DKI Jakarta.

"Saya cukup puas dengan hasil yang ada. Prestasi DKI menjadi lebih baik daripada pencapaian sebelumnya dan selalu sebagai barometer bola basket nasional," ujar Yos dalam keterangan resminya, Jumat.

Baca juga: Bola basket 3x3 putra DKI Jakarta rengkuh medali emas

Sejak mengemban tugas sebagai Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta, Yos sukses mengantarkan skuad ibu kota meraih berbagai prestasi.

Seperti Juara Umum Antar Pengprov Kelompok Usia 2017, Juara Umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV dengan satu emas putra dan perunggu putri, Juara Umum Kejurnas Antar Pengprov Kelompok Usia (2018), Juara Umum Antar Pengprov Kelompok Usia (2019), dan puncaknya Juara Umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dengan meraih dua medali emas pada nomor 5x5 putra dan 3x3 putra, serta medali perungu 5x5 putri dan 3x3 putri.

Prestasi dalam ajang nasional tersebut turut mengantarkan pebasket DKI Jakarta tembus ke Indonesian Basketball League (IBL) musim 2022 yang notabene kompetisi basket profesional paling bergengsi di Tanah Air.

Seperti tiga pemain di RANS PIK Basketball yakni Althof Dwira Satrio, Alfredo Tanujaya Julianto, dan Agus Salim. Kemudian dua pemain di Indonesia Patriots, Ali Bagir Warayabi dan Aldy Izzatur Rachman, serta yang lainnya tersebar di sejumlah tim.

Yesaya Alessandro Saudale (Pelita Jaya), Arion Tio (Bumi Borneo Basketball), Pattrick Nikolas (West Bandits), Jason Christhoufer Kurniawan (Bali United), dan Adrian Danny (Evos Thunder Bogor).

Baca juga: Ali Bagir bawa jaring ring basket MSC setelah DKI raih emas PON Papua

Yos berharap akan ada pemimpin baru yang dapat melanjutkan perjuangannya mempertahankan eksistensi DKI Jakarta sebagai barometer olahraga bola basket nasional. "DKI Jakarta sekarang ada di posisi atas. Tentu banyak daerah lain yang termotivasi untuk mengalahkan DKI Jakarta," katanya.

Adapun alasan lain tak lagi maju dalam bursa pencalonan Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta periode 2022-2026, lanjut Yos akan mempersiapkan diri untuk bersaing di kancah kepengurusan basket nasional. "Siapa tahu ke depannya bisa bawa emas buat Indonesia pada SEA Games atau ajang internasional lain," ujarnya.

Pada sisi lain, Musyawarah Provinsi (Musprov) DKI Jakarta bakal dilakukan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, pada 15 Januari.

Sekretaris Umum Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Musprov DKI Jakarta Marlinda Karin Lalisang mengatakan sudah ada dua bakal calon ketua umum Perbasi DKI Jakarta yakni, Lexyndo Hakim dan Mardianto E. Danusaputro.

Mereka sudah mengantongi berbagai persyaratan yakni, mendapat rekomendasi dari minimal dua Pengurus Kota (Pengkot) dan Pengurus Kabupaten (Pengkab)

Baca juga: Tim putra DKI Jakarta jumpa Jabar di final basket 3x3

Lexyndo mendapatkan dukungan dari Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Sedangkan, Mardianto dari Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.

Selain itu, kedua bakal calon juga harus menandatangani pakta integritas yang isinya memiliki tiga poin. Pertama, sanggup dalam tata kelola organisasi sebagai Ketum Pengprov Perbasi Periode 2022-2026.

Kedua, sebagai ketua terpiplih nantinya bersedia menyiapkan pembiayaan selama kegiatan Perbasi DKI Jakarta. "Ketiga bersedia undur diri jika tak sanggup melaksanakan poin 1 dan 2," kata Marlinda Karin Lalisang.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022