Jakarta (ANTARA) - PT Surveyor Indonesia (SI) mendukung budi daya kopi berkelanjutan melalui pembuatan greenhouse untuk penyemaian dan penanaman bibit kopi yang berlokasi di Rancamaya, Bogor Selatan.

"PT Surveyor Indonesia menanamkan 300 bibit kopi yang berusia 7 bulan pada lahan awal seluas 1 hektare, dan menyiapkan sekitar 60 ribu bibit kopi robusta yang akan disemai di greenhouse," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Biji kopi, kata dia, merupakan salah satu komoditi ekspor terbesar di Indonesia. Wilayah Indonesia dinilai cocok untuk budi daya kopi karena struktur tanah yang baik dan banyak pegunungan. 

"Hingga saat ini Indonesia menjadi salah satu negara dengan penghasil biji kopi terbesar dan terbaik di dunia berdasarkan laporan Kementerian Perdagangan tahun 2021," katanya.

Baca juga: "Kopi: Indonesian Coffee Craft & Culture", perjalanan si hitam di Nusantara

Karena itu, membudidayakan tanaman kopi merupakan langkah tepat untuk membantu mensejahterakan masyarakat sekitar Kampung Pancasan Ngahiji Rancamaya yang terimbas pandemi COVID-19.

“Penyemaian dan penanaman 300 bibit kopi ini merupakan upaya untuk membantu kesejahteraan masyarakat, semoga dengan diadakannya budi daya tanaman kopi mampu membuka lapangan pekerjaan dan membantu meningkatkan perekonomian warga Rancamaya," ujar Rosmanidar.

Sementara itu Ketua TJSL Surveyor Indonesia, Syahrul Ramadhan juga memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi nyata untuk mendukung program penghijauan di Indonesia.

“Dengan diadakannya kegiatan penanaman bibit kopi, ini merupakan salah satu kontribusi kami untuk mendukung program penghijauan di Indonesia, semoga kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas sirkulasi udara di daerah Rancamaya sebagai wujud melestarikan lingkungan sekitar,” kata Syahrul.

Baca juga: KBRI perkenalkan keragaman kopi Indonesia, dorong ekspor ke Jepang

Baca juga: Dubes RI: Perlu agregator tingkatkan ekspor kopi ke Afsel

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022