counter

Andra Turun di Formula Pilota China

Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional Alexandra "Andra" Asmasoebrata dijadwalkan akan turun pada kejuaraan Formula Pilota China (Abarth Asia) 2011 di Guangdong International Circuit, Guangzhou, China, 1-3 Juli nanti.

"Kejuaraan ini berbeda dengan Asian Formula Renault. Pada balapan ini akan menggunakan kendaraan buatan FIAT/Ferrari. Dan balapan ini baru pertama kali digelar di Asia. Sebelumnya hanya digelar di Eropa," kata Andra di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Formula Pilota China merupakan bidikan utamanya setelah Asian Formula Renault. Meski baru pertama kali digelar pihaknya mengaku optimistis mampu bersaing dengan pebalap lain yang barasal dari dataran Eropa dan Asia yang semuanya adalah pebalap laki-laki.

Rasa optimistis itu muncul setelah Andra sukses bertengger di puncak klasemen sementara Asian Formula Renault untuk kategori Asia dan posisi kedua untuk kategori "over all". Hasil ini diperoleh setelah menjalani enam kejuaraan dari 12 kejuaraan yang direncanakan.

"Asian Formula Renault adalah ajang pemanasan untuk turun di Formula Abarth. Hal itu kami lakukan agar maksimal pada kejuaraan yang baru pertama kali saya ikuti ini," katanya menambahkan.

Pada Formula Pilota China akan bergabung dengan tim PS Racing. Pada kejuaraan seri pertama nanti Andra akan ditemani oleh dua pebalap muda lainnya. Hanya saja, anak dari Alex Asmasoebrata itu belum mengetahui dengan pasti nama calon temannya.

Andra menjelaskan, sesuai dengan rencana seluruh rombongan tim dari Indonesia akan berangkat ke Guangzhou China, Selasa (28/6). Selanjutnya akan diberikan kesempatan untuk mencoba kendaraan yang baru pertama kali dicobanya.

Peluang untuk mencoba kendaraan, kata dia, antara pebalap yang satu dengan yang lain sama. Dengan kondisi tersebut bisa dipastikan persaingan akan lebih ketat. Apalagi semua mesin yang digunakan sama dengan kapasitas 1.4 Fire Turbo Engine dengan kecepatan 180 horsepower.

"Ini benar-benar mobil baru. Saya bahkan belum melihat langsung bentuk kendaraannya. Yang jelas saya siap untuk turun dikejuaraan ini dan memberikan hasil yang terbaik," kata pebalap perempuan satu-satunya pada Formula Pilota China 2011 itu.

Formula Pilota akan digelar sebanyak 12 seri. Selain digelar di Guangdong International Circuit, kejuaraan ini juga akan digelar di Sepang International Circuit Malaysia, Shanghai International Circuit dan Ordos International Circuit Mongolia.

Sementara itu manajer Andra yang juga ayahnya, Alex Asmasoebrata mengatakan, pemenang Formula Pilota China 2011 akan dikirim ke Italia untuk melakukan test drive mobil Ferrari yang biasa digunakan oleh Fernando Alonso dan Filipe Massa pada kejuaraan F1.(*)

(T.B016/R010)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar