Jakarta (ANTARA) - Makanan dengan cita rasa pedas banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini juga terlihat dari adanya kenaikan penjualan makanan pedas di Tokopedia sebanyak lebih dari dua kali lipat selama tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, demikian External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Menyambut Hari Makanan Panas dan Pedas Sedunia pada 16 Januari, Tokopedia pun membagikan lima rekomendasi makanan yang dapat dinikmati pencinta kuliner pedas di Indonesia.

1. Bumbu dan bahan masakan
Menyajikan masakan pedas sendiri dari rumah dapat menjadi alternatif untuk menikmati makanan pedas yang sesuai selera.

Ekhel mengatakan, “Tokopedia juga dapat menjadi inspirasi untuk menemukan berbagai macam jenis bumbu dan bahan masakan. Misalnya dari berbagai pegiat usaha lokal, seperti Medina Catering yang menyajikan bumbu woku belanga dan bumbu kecombrang ulek yang otentik, serta sambal matah dan sambal embe dari By Ncc yang pedas dan nikmat.”

Baca juga: Resep sate ayam pedas serai Bali ala Chef Devina Hermawan

Baca juga: Ayam bakar pedas yang membuat bibir jontor


2. Makanan siap saji
Jika tidak ada waktu untuk masak, jangan khawatir! Saat ini semakin banyak pegiat usaha lokal yang menyajikan makanan pedas siap saji sebagai menu utama yang bisa menjadi pilihan si pecinta kuliner pedas.

GaladaID merupakan salah satu pegiat usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan berbagai makanan gurih dan pedas dengan bumbu rempah khas Indonesia yang melimpah seperti paru balado dan ayam cabe ijo yang sangat praktis untuk disajikan kapan saja dan di mana saja.

3. Camilan Pedas
Menyiapkan berbagai camilan lezat dapat menemani waktu beraktivitas, mulai dari belajar, bekerja hingga di waktu santai apalagi saat musim hujan. “Mencoba camilan pedas bisa menjadi pilihan yang patut dicoba untuk meningkatkan semangat beraktivitas,” ujar Ekhel.

Berbagai produk camilan pedas kaya rasa buatan pegiat usaha lokal seperti seblak, basreng dan gurilem pedas dengan rempah yang khas buatan Maicih Indonesia, serta jajanan makaroni kering dan basah yang bikin ketagihan dari Makaroni Ngehe menjadi beberapa camilan pedas yang mudah didapatkan di Tokopedia.

4. Aneka Sambal
Berbagai daerah di Indonesia memiliki racikan sambal dengan kenikmatan rasa yang unik. “Beragam varian sambal mulai dari rasa original hingga inovasi olahan terbaru, seperti sambal geter (geprek teri), sambal curang (cumi arang), sambal terbang (teri kecombrang), dan sambal cumi petai bisa dijadikan pilihan,” tambah Ekhel.

Berbagai inovasi varian sambal dari Sambal Bu Djui asal Surabaya atau Raja Rawit asal Jakarta ini cocok untuk dihidangkan dengan panganan lainnya, seperti bakso, sop, soto, dan rawon. Atau jika tidak ada menu makanan di rumah, cukup sajikan sambal bersama dengan nasi panas, makanan dijamin terasa lezat.

5. Lauk Nikmat dan Pedas
Melengkapi menu makanan utama dengan makanan gurih dan pedas akan semakin menggugah selera. Mr Crispy Indonesia dan Dendeng Crispy Indud merupakan contoh pegiat usaha lokal yang menyediakan berbagai macam lauk pedas dan gurih, seperti cumi balado, paru sambal ijo, rendang sapi, dan sambal bebek suwir yang dapat ditemukan lewat Tokopedia.

“Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mengupayakan produk buatan UMKM lokal semakin menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia, tidak terkecuali untuk produk makanan dan minuman. Dengan mengonsumsi atau menggunakan produk dalam negeri kita bisa #BangkitBersama membantu pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

Baca juga: Pedas saus Samyang dalam balutan ayam goreng

Baca juga: Pedas gurih sate rembiga, hidangan wajib coba di Lombok

Baca juga: Mencicipi se'i wagyu berbalut cita rasa pedas Nusantara

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022