Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Kerajaan Spanyol, Dr. Muhammad Najib menyerahkan surat kepercayaan sebagai Duta Besar RI untuk Spanyol kepada Raja Felipe VI di Palacio Real, Madrid.

Berdasarkan keterangan pers Kedubes RI untuk Spanyol yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Sabtu, Najib menyampaikan salam hangat dan harapan peningkatan kerja sama antar kedua negara dari Presiden Joko Widodo kepada Raja Felipe VI.

"Raja menganggap Indonesia sebagai negara besar, sebagai salah satu yang terpenting di Asia Tenggara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang sangat besar," kata Najib mengutip Raja Felipe VI.

Ia juga mengatakan bahwa Raja Felipe VI menyampaikan keprihatinan atas pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan Spanyol saat ini.

Sementara itu, Najib berkomitmen untuk merealisasikan harapan Presiden Joko Widodo dalam peningkatan hubungan bilateral kedua negara secara konkret dan terukur.

Pertemuan bilateral tersebut membahas hubungan ekonomi kedua negara dan juga kerja sama interfaith dialogue yang diharapkan dapat ditingkatkan untuk mempererat hubungan kemasyarakatan Indonesia-Spanyol secara berkelanjutan.

Upacara penyerahan surat kepercayaan diawali dengan penjemputan Najib dari Wisma Dubes RI oleh protokol Kementerian Luar Negeri Spanyol ke Gedung Keprotokolan Kemlu Spanyol di Madrid hingga parade marching band Kerajaan Spanyol untuk menghormati hubungan diplomatik Indonesia dengan Spanyol.

Kemudian, setibanya di Wisma Duta RI, Najib menyampaikan harapan kepada tim KBRI Madrid untuk bisa membantunya memberikan layanan maksimal kepada Warga Negara Indonesia di Spanyol dan juga kepada masyarakat Spanyol.

“Saya berharap segenap jajaran dan staf KBRI Madrid dapat memberikan pelayanan maksimal kepada WNI kita di Spanyol, juga kepada masyarakat Spanyol yang akan berwisata dan berbisnis di Indonesia," katanya.

Sejak 1958, kemitraan Indonesia dan Spanyol semakin penting dibina untuk menghadapi tantangan bersama. Di bidang ekonomi, Spanyol merupakan salah satu negara pengimpor minyak kelapa sawit untuk produk non-makanan asal Indonesia.

Spanyol juga menjadi salah satu tujuan utama ABK Perikanan Indonesia di kawasan Eropa. Sementara itu, keindahan Nusantara juga menjadi daya tarik wisatawan Spanyol, yang terbesar kedelapan dari kawasan Eropa, dengan kontribusi dari sektor wisata sedikitnya Rp6 triliun pada 2017-2019.

Dengan keketuaan Indonesia pada G20, Spanyol diharapkan dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemulihan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Dubes Najib temui tim catur Indonesia yang berlaga di Spanyol
Baca juga: Timnas U-19 akan jalani lima laga ujicoba selama di Spanyol
Baca juga: Dubes: Kebijakan Spanyol peluang bagi Indonesia

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022