Madiun (ANTARA) - PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) bekerja sama dengan PT Indosat Tbk dalam penyediaan solusi teknologi informasi dan komunikasi serta Internet of Things (IoT) guna menjawab tantangan kemajuan global.

Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju mengatakan penandatanganan MoU kerja sama mengenai hal itu ditandatangani pada Jumat (14/1/2022).

"MoU ini menjadi sebuah dasar bagi kedua pihak sehingga kedepannya dapat bekerja sama untuk menyelesaikan proyek yang ada," ujar Agung Sedaju dalam keterangannya yang diterima di Madiun, Sabtu.

Menurut dia, dalam waktu dekat INKA berencana memproduksi 8 unit baterai listrik yang akan ditunjukkan kepada khalayak dan peserta G-20 bahwa IoT dari sistem transportasi telah berkembang dan berjalan.

Baca juga: Menko: Presidensi G20 RI gunakan mobil listrik dorong perubahan iklim

Hal itu juga terkait pembangunan sarana transportasi Bandara Yogayakarta-Solo yang juga akan dijalankan pada sekitar bulan Maret atau April tahun 2022.

"Hal-hal ini yang harus kami selesaikan dalam waktu dekat untuk membuat masyarakat Indonesia yakin bahwa Indonesia sudah masuk pada tahap kemajuan. Proyek-proyek ini merupakan proyek percontohan yang bisa menjadi bukti kepada masyarakat Indonesia akan kemajuan yang ada," jelas Agung.

Senada dengan Agung, Chief Business Officer PT Indosat Tbk Bayu Hanantasena mengatakan MoU tersebut memiliki tujuan besar, tidak hanya sebatas G-20 tetapi juga menjadikan Indonesia lebih maju.

"Telah saya sampaikan kepada tim Indosat bahwa Indonesia tidak boleh menjadi negara tertinggal pada masa revolusi Industri 4.0. Dengan potensi yang besar, jumlah penduduk yang banyak, dan penguasaan teknologi yang cukup fluent, memungkinkan Indonesia untuk bisa maju sejajar dengan negara lain. Potensi-potensi tersebut terlihat dalam situasi di G-20 dimana Indonesia mulai menjadi negara yang diperhitungkan," kata Bayu.

Baca juga: INKA gandeng PTBA kembangkan kendaraan tambang bertenaga listrik


 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022