Menhub resmikan gedung baru Politeknik Transportasi Darat Bali

Menhub resmikan gedung baru Politeknik Transportasi Darat Bali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan Politeknik Transportasi Darat Bali, Sabtu (15/1). (Kementerian Perhubungan)

Di era disrupsi ini, kita sebagai insan perhubungan, khususnya di bidang pendidikan harus terus berinovasi agar tidak tertinggal dengan SDM dari negara lain.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan gedung baru Kampus II Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali yang akan memiliki sejumlah fasilitas perpustakaan digital (e-library), Sabtu.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub menekankan pentingnya digitalisasi dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia  (SDM) transportasi yang berdaya saing.

“Di era disrupsi ini, kita sebagai insan perhubungan, khususnya di bidang pendidikan harus terus berinovasi agar tidak tertinggal dengan SDM dari negara lain,” kata Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Menhub cek kesiapan bandara di NTT dukung sektor pariwisata

Menhub mengatakan, dengan  perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi yang sangat cepat, Kemenhub melalui sejumlah perguruan tingginya harus mempersiapkan diri agar dapat mengejar dan menyesuaikan diri dengan cepatnya perubahan yang terjadi.

Menurutnya, dalam melakukan perubahan di bidang pendidikan transportasi, perlu melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang kompeten, yang telah banyak melakukan perubahan baik di bidang pendidikan maupun di bidang teknologi informasi.

“Kita harus out of the box dan tidak mengacu pada silabus pendidikan yang ada saja, tetapi harus berinovasi. Di gedung baru Poltrada ini nantinya akan disiapkan perpustakan digital (e-library) yang akan menarik perhatian para taruna-taruni,” ujar Menhub.

Ia mengungkapkan, terus melakukan upaya inovasi di bidang pendidikan transportasi guna membentuk SDM transportasi ber-PRESTASI (Profesional, Etika, Standar global, dan Integritas).

Baca juga: Menhub dukung pengembangan landasan Bandara Sultan Kaharuddin III

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala BPSDMP Kemenhub Capt. Antoni Arif Priadi mengungkapkan, pihaknya terus berupaya melakukan perubahan dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Transportasi.

Ia mengatakan, tengah berkolaborasi dengan Kemendikbud dalam mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat, dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Sehingga mahasiswa nantinya memiliki kemampuan untuk menguasai beragam keilmuan yang berguna di dunia kerja nantinya.

“Jadi misalnya dia menempuh pendidikan pilot atau pelaut. Dia tidak hanya bisa bekerja menjadi pilot atau pelaut saja, tetapi bisa juga menjadi pengusaha di bidang penerbangan atau pelayaran,” kata Antoni.

Antoni menjelaskan, untuk mendukung program merdeka belajar, proses pembelajaran yang dilakukan saat ini mulai bertransformasi menggunakan sistem digitalisasi, dengan menerapkan pembelajaran secara online atau e-learning.

Materi pembelajaran pun juga disesuaikan, dengan menerapkan konsep Computer Base Training (CBT) dan memanfaatkan penggunaan e-Library dalam setiap proses pembelajaran, serta dalam kehidupan sehari-hari.

Poltrada Bali saat ini menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bidang transportasi darat dan logistik, melalui 3 (tiga) Program Studi, yaitu D-III Manajemen Logistik, D-III Manajemen Transportasi Jalan, dan D-III Teknologi Otomotif.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Menhub dorong perbaikan sistem keselamatan transportasi air

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar