Surabaya (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan monumen kapal selam KRI Nanggala-402 di lingkungan Markas Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Sabtu.

"Hari ini bertepatan dengan peringatan hari Dharma Samudera, kami resmikan Monumen KRI Nanggala-402," katanya di sela peresmian.

Kapal selam TNI AL itu dinyatakan tenggelam pada 24 April 2021 saat bertugas di Laut Bali, setelah sempat dinyatakan hilang kontak sejak tiga hari sebelumnya.

Sebanyak 53 awak kapal selam KRI Nanggala gugur dan telah ditetapkan sebagai Pahlawan Bangsa.

Baca juga: Laksamana TNI Yudo Margono komitmen bangun berbagai fasilitas TNI AL

“Mereka tetap dalam status tugas patroli dalam keabadian atau on eternal patrol,” ucap Kasal.

Replika bangunan KRI Nanggala-402 didirikan dengan perbandingan 1:1 di lingkungan Markas Koarmada II Surabaya.

Di dalamnya menggambarkan sejarah pengabdian KRI Nanggala-402 selama bertugas menjaga wilayah laut negara kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya, kata Kasal, monumen akan dibuka untuk masyarakat umum sebagai destinasi wisata sejarah kemaritiman dan wahana pembentukan karakter sebagai bangsa bahari.

"Sekaligus untuk mengenang sejarah bahwa KRI Nanggala-402 pernah menjadi bagian dari alat utama sistem persenjataan (alutsista) kita selama 40 tahun. KRI Nanggala-402 telah memperkuat dan mendukung tugas pokok jajaran TNI AL dengan baik," kata dia.

Jendera TNI AL itu mengungkapkan Monumen Kapal Selam KRI Nanggala-402 didirikan di Surabaya, salah satunya untuk mempermudah keluarga para prajurit yang gugur untuk berziarah.

"Karena mayoritas berdomisili di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya. Dengan begitu kalau mau berziarah tidak perlu ke Banyuwangi atau Laut Bali," tuturnya.

Selain itu, monumen tersebut berdiri di samping pangkalan kapal selam TNI Angkatan Laut di Koarmada II Surabaya sehingga KRI Nanggala-402 akan terus menjadi bagian dari keluarga besar "Hiu Kencana".

Baca juga: Kasal tinjau Arsenal Batu Poron pastikan kekuatan untuk jaga laut
Baca juga: Waasrena Kasal tegaskan pentingnya SDM untuk hadapi ancaman siber

Baca juga: TNI AL bangun monumen kapal selam kenang KRI Nanggala 402

Pewarta: Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022