Animo masyarakat cukup tinggi
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meresmikan gelaran balapan jalanan (street race) yang diikuti 350 pembalap motor jalanan atau joki yang digelar di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan antusiasme dari para peserta sangat tinggi, namun pihaknya masih membatasi gelaran balap motor jalanan perdana tersebut.

Baca juga: Serpong siap menjadi lokasi balap jalanan selanjutnya

"Animo masyarakat cukup tinggi, 350 pembalap sudah hadir bahkan tadi pagi masih banyak yang daftar langsung 'go show'. Tapi slotnya masih kita batasi di 350," kata Sambodo saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Sambodo mengatakan tidak menutup kemungkinan kuota jumlah peserta akan ditambah pada gelaran balap selanjutnya yang direncanakan pada Februari 2022.

Saat latihan bersama (Latber) Street Race Polda Metro Jaya sebanyak 350 pembalap terbagi pada tujuh kelas, yakni matik 4 tak, sport 2 tak, kelas sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, dan sport 4 tak.

"Jadi ini tajuknya adalah latihan bersama, bukan lomba, makanya kita tidak lihat juara 1, 2, 3. Yang penting mereka bisa narik saja, tidak hitung waktu dan lain-lain," ujar Sambodo.

Baca juga: Polda Metro kerahkan ratusan personel amankan balap jalanan di Ancol

Sejumlah pembalap pun antusias dengan gelaran balap motor jalanan ini. Salah satu pembalap, Wawan (29) mengaku senang balap motor jalanan ini menjadi wadah untuk menyalurkan hobinya.

"Senang karena sekarang sudah ada wadahnya, tidak perlu was-was kalau ada razia dari Polisi. Biasanya saya balap di Kemayoran," tutur Wawan yang mendaftar kelas Sunmori 150cc itu.

Adapun pendaftaran Latber Street Race perdana dibuka secara daring melalui portal "loket.com" dengan membayar Rp100 ribu, termasuk tiket masuk kawasan Ancol dan asuransi.

Latihan bersama balap jalanan ini menggunakan konsep "drag race" dengan trek sepanjang 500 meter dan 300 meter untuk pengereman.

Baca juga: Polda Metro tempatkan penonton balap di sisi Jalan Inspeksi Kali Ancol

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022