Peredaran Uang Selama FDS Minimal Rp15 Miliar

Jayapura (ANTARA News) - Total uang yang beredar selama pelaksanaan Festival Danau Sentani ke-IV tahun 2011 yang telah berlangung sejak 19-23 Juni diprediksi paling kurang Rp15 miliar.

Setelah dilakukan perhitungan sementara oleh pihak panitia, kata Ketua panitia FDS 2011, Anna Sawai, kepada ANTARA Jayapura, Jumat, berdasarkan jumlah pengunjung FDS, maka dipastikan total dana kas yang beredar selama lima hari pelaksanaan agenda tahunan kabupaten Jayapura itu minimal Rp15 miliar.

"Tim kami menghitung secara minimalis. Jika setiap satu orang pengunjung berbelanja Rp5 ribu saja, maka total Rp15 miliar sudah beredar dalam lima hari. Itu sudah perhitungan sangat minimalis," kata Anna Sawai.

Ia menambahkan, total uang yang beredar selama FDS 2011 itu, langsung diterima masyarakat sekitar lokasi pelaksanaan FDS, sehingga sangat berpotensi besar untuk mendongkrak pendapatan dan ekonomi mereka.

Hal itu, menurut Anna Sawai, sudah terbukti sejak selesai pelaksanaan FDS pertama tahun 2008 yang lalu hingga saat ini, dimana warga sekitar Kalkhote, Sentan, Kabupaten Jayapura yang menjadi lokasi pelaksanaan agenda tahunan FDS, sudah lebih maju ekonominya.

"Sekarang masyarakat sudah lebih maju. Rumah mereka sudah terbuat dari batu bata dan beton, bahkan sudah ada banyak keluarga sekitar Kalkhote yang membuat rumah penginapan dan restoran atas danau. Tentunya semua itu tidak terlepas dari dampak positif FDS," jelasnya.

Anna Sawai yang oleh masyarakat kabupaten Jayapura dikenal ramah dan murah senyum, mengemukakan, total uang yang beredar di arena FDS 2011 naik hampir 300 persen jika dibandingkan dengan total tahun pelaksanaan FDS 2010, yakni Rp5,6 miliar.

"Sangat membanggakan kami panitia karena setiap tahunnya pendapatan masyarakat setempat dari FDS selalu meningkat. Hal ini tidak terlepas juga dari kesiapan panitia yang selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap tahun pelaksanaan FDS," kata dia.

Pada perhelatan budaya Festival Danau Sentani 2011, masyarakat Kabupaten Jayapura menggelar berbagai tarian tradisional dan atraksi lainnya, termasuk tarian di atas perahu dan penampilan secara kolosal iringan musik rakyat, suling tambur dan lagu rakyat dengan aneka permainan rakyat termasuk tarian Nusantara.

Seluruh rangkaian lomba yang akan digelar dalam rangka FDS tidak terlepas dari tema hajatan akbar Pemerintah Kabupaten Jayapura yaitu "Love, Peace And Harmony " atau "Kasih, Damai dan Rukun".  (MBK/A027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

KLHK libatkan masyarakat cegah dampak kemarau panjang

Komentar

  1. testlagi@gmail.com

    ya allah ???? smoga di beri kesalamatan n ksehatan
    aminn