New York (ANTARA) - Badai musim dingin disertai angin kencang dan es yang menerjang pantai timur Amerika Serikat selama liburan akhir pekan menyebabkan ribuan penerbangan dibatalkan.

Maskapai AS membatalkan lebih dari 2.700 penerbangan dan menunda sekitar 1.500 lainnya hingga Minggu (16/1) pukul 12:30 waktu setempat (Senin 00.30 WIB), menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware.com.

American Airlines Group Inc membatalkan lebih dari 600 penerbangan. Hampir 95 persen penerbangan dari Bandara Internasional Charlotte Douglas di North Carolina dibatalkan, menurut FlightAware.

American Airlines mengizinkan pelanggan yang terkena dampak cuaca buruk untuk memesan ulang tiket penerbangan tanpa dipungut biaya.

Baca juga: 'Badai bom' salju dan angin ancam AS bagian timur

Layanan cuaca nasional memperkirakan badai musim dingin besar akan melanda AS bagian timur pada Minggu hingga Senin.

Hujan salju tertinggi diperkirakan terjadi di sepanjang pegunungan Appalachia dan dataran rendah Great Lakes. Lapisan es paling tinggi diperkirakan akan terjadi di Carolina.

Lewat Twitter, Gubernur Georgia Brian Kemp menghimbau masyarakat untuk menghindari perjalanan yang tidak penting di daerah-daerah yang terkena dampak badai.

Gubernur Georgia, Virginia, Carolina Utara, dan Carolina Selatan telah mengumumkan keadaan darurat akibat badai tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Dingin Kutub Utara sebabkan penutupan sekolah seluruh Timur Laut AS
Baca juga: Badai musim dingin landa Chicago


Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022