Jakarta (ANTARA) - Badan perencana ekonomi utama China merilis sebuah pemberitahuan yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi saat liburan Festival Musim Semi yang semakin dekat sambil menjaga pengendalian COVID-19 secara saksama.

Pemberitahuan tersebut dikeluarkan untuk memenuhi permintaan konsumsi warga yang meningkat dan mengeluarkan potensi pasar domestik, sebagai bagian dari upaya untuk mendorong ekonomi mencapai awal yang stabil pada kuartal pertama, menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC).

Berbagai langkah harus diambil demi memenuhi kebutuhan perayaan warga, termasuk memastikan pasokan kebutuhan sehari-hari, menyediakan lebih banyak layanan tanpa kontak serta membantu warga lanjut usia menikmati transportasi yang nyaman untuk berkumpul kembali dengan keluarga mereka.

Pemberitahuan itu juga menetapkan sejumlah kebijakan untuk meningkatkan konsumsi festival daring dan memperluas konsumsi di daerah pedesaan, sebut komisi tersebut.

Konsumsi yang terkait dengan industri es dan salju, serta budaya dan hiburan, harus didorong, kata pemberitahuan itu, seraya menambahkan bahwa vitalitas sektor ritel pintar harus didukung lebih lanjut.

Pada 2022, China akan menggunakan kebijakan-kebijakan mikroekonomi untuk merangsang vitalitas entitas pasar, memperdalam reformasi struktural sisi penawaran dengan fokus pada kelancaran sirkulasi ekonomi nasional, menurut Konferensi Kerja Ekonomi Pusat yang digelar pada Desember 2021.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022