Pekanbaru (ANTARA) - Petugas Basarnas Kota Pekanbaru akhirnya berhasil mengevakuasi seorang wanita yang nekat memanjat menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) di Kecamatan Tenayan Raya, Senin.

Komandan Tim Basarnas Pekanbaru Juhandra menjelaskan setelah hampir dua jam petugas membujuk wanita berinisial Yz untuk turun, akhirnya perempuan berusia 42 tahun itu berhasil dievakuasi sekitar pukul 08.20 WIB.

"Korban turun dalam keadaan sehat, namun saat tiba di bawah korban pingsan dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan," kata Juhandra.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, wanita pemanjat menara penghubung jaringan listrik itu diduga mengidap gangguan jiwa karena itu nekat memanjat menara sutet di wilayah Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, sekitar pukul 05.00 WIB.

Baca juga: Warga Pulau Belakangpadang panjat menara radio kibarkan bendera

Baca juga: Pria asal Sumatera panjat SUTET di Cilacap


Mengetahui kejadian ini, sontak masyarakat sekitar terkejut dan segera melaporkan ke Kepolisian Sektor (Polsek) Tenayan Raya.

Kemudian, petugas Polsek Tenayan Raya berkoordinasi dengan Basarnas Pekanbaru untuk melakukan evakuasi dan proses penyelamatan terhadap Yz. Selain itu, petugas Damkar Pekanbaru turut membantu upaya evakuasi.

Mendapatkan laporan tersebut, tim Rescue Kantor SAR Pekanbaru juga segera memberangkatkan tiga personil lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan.*

Pewarta: Annisa Firdausi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022