Jakarta (ANTARA) - Produksi harian gas alam di Ladang Minyak Changqing, ladang minyak dan gas terbesar di China, telah mencapai lebih dari 150 juta meter kubik, atau sepertujuh dari total penggunaan gas alam harian negara itu selama puncak musim dingin.

Jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan gas untuk aktivitas memasak harian 300 juta keluarga yang terdiri dari tiga orang, kata PetroChina Changqing Oilfield Company pada Sabtu (15/1).

Terletak di cekungan Erdos di China barat laut, ladang minyak tersebut menghasilkan lebih dari 46,5 miliar meter kubik gas alam tahun lalu, menyumbang 23 persen dari total negara itu. Ladang minyak itu menyediakan gas alam untuk keperluan sipil hampir 400 juta orang di lebih dari 40 kota.

Ladang Minyak Changqing, dengan sejarah lebih dari 50 tahun, telah memainkan peran penting dalam menjaga ketahanan energi China.

Ladang minyak tersebut juga berkontribusi bagi upaya berkelanjutan China untuk mengganti batu bara dengan sumber energi bersih seperti gas alam. China bertekad mencapai puncak emisi karbon dioksida pada 2030 dan mencapai netralitas karbon pada 2060. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022